Kering Tempe Kriuk

tmp

Kering tempe ini lauk praktis untuk di simpan lama. Lumayan buat musim paceklik males masak…;-p. Sekarang saya sudah tau caranya bikin kering tempe kriuk, intinya ternyata waktu menggoreng bahan dan bumbunya musti bener-bener kering, biar tidak melempem. Hehehehe…. kelihatannya gampang, tapi untuk pemula seperti dirikuh butuh percobaan dulu.

Dulu waktu pertama kali bikin kering tempe, waktu menumis bumbu kelamaan, sehingga gula merahnya menjadi menggumpal dan tidak bisa menyelimuti tempenya. Yaelaaa, percobaan pertama gagal total. Ternyata bikin kering tempe tidak mudah ya…. mana waktu itu bikinnya banyak lagi, kepedean banget waktu itu. Akhirnya tempe yang masih belom terbalut bumbu yang lumayan banyak saya pilihi, dan saya bikin bumbu baru. Sebelumnya bumbunya beli jadi ditukang bumbu giling, yaiyalah bokk, masak ditukang bangunan…wkwkwkkw. Berbekal ilmu kira2, akhirnya bikin lagi dan sewaktu gula merah masuk ke bumbu begitu mulai mencair langsung saya matikan api dan aduk cepat… Alhamdulillah akhirnya berhasil juga…..:).

Kalo resep dibawah  ini versi bumbu iris, untuk emak sibuk pemalas seperti dirikuh. Intinya semua bumbu di tumis kering, baru masukkan gula merah. Aduk cepat. Kalo suka bisa ditambahkan irisan daun jeruk dan teri yang digoreng kering. Sekali lagi resep dibawah adalah yang versi minimalis…heheheh.

Kering Tempe Kacang

Bahan:

2 papan Tempe 2 papan, kemaren beli 5rb di pasar, potong korek api lalu goreng kering.

100 gr Kacang Tanah, goreng kering.

Bumbu Iris:

5 butir bawang merah, iris tipis goreng kering

4 siung bawang putih, iris tipis goreng kering.

4 buah cabe merah, iris serong.

garam dan gula merah secukupnya

Cara Memasak:

Tumis bumbu bawang merah setengah matang, kemudian masukkan bawang putih dan cabe merah. Di kira-kira saja biar nanti bawang merah dan bawang putih matengnya barengan. Begitu bumbu matang masukkan gula merah dan garam, setelah gula merah mencair, matikan api, langsung masukkan tempe dan kacang, aduk cepat. Bila suka tambahkan irisan daun jeruk. Rasanya lebih maknyuss….

Advertisements

Oseng Pindang Lombok Ijo

Masih seputaran menu yang gampang-gampang. Maklumlah si empunya blog kapasitas otaknya juga terbatas alias minim….;d.  Bumbunya juga tinggal di iris-iris dan ditumis…. pindangnya juga digoreng dulu…heemmmm, dimakan pake nasi anget aja udah lazzizzz…..:p. Dijamin bakalan gagal diet nehh… Bagi yang minat berikut resepnya..

 

pindangijo copy

Oseng Pindang Lombok Ijo

Bahan:

2 kranjang ikan pindang, cuci dan goreng.

Bumbu (iris tipis semua bumbu dibawah):

5 butir bawang merah,

3 butir bawang putih,

7 buah cabe cabe ijo,

5 buah cabe rawit, bisa ditambah atau dikurangi, sesuai selera

1 buah tomat

Gula dan garam secukupnya

Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Air sedikit

Daun salam dan laos keprek.

Cara Memasak:

1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai kuning, masukkan cabe,daun salam, lengkuas dan tomat.

2. Tambahkan sedikit air, biar tidak gosong.

3. Masukkan gula dan garam.

4. Terakir masukkan pindang, cicipi rasanya. Aduk rata, angkat.

Sajikan dengan nasi hangatt….Hemmm….nyammmnyammm…:)

 

 

Sambal Goreng Tempe

Harap maklum jika menu-menu yang tampil menu minimalis, maklumlah yang empunya blog juga kemampuanya minimalis. Jadi masaknya yang gampang-gampang aja deh.

Resep Sambal Goreng Tempe

tempe

Bahan:

Tempe 1 bungkus, potong kotak-kotak, goreng setengah matang.

Bumbu:

5 butir bawang merah, iris tipis

3 butir bawang putih, iris tipis

3 buah cabe merah, iris serong

5 buah cabe rawit, iris tipis (bisa ditambah atau dikurangi).

Gula dan garam secukupnya

Kecap dan minyak secukupnya

Cara Membuat:

Tumis semua bumbu hingga matang, masukkan tempe, kecap, gula dan garam. Cicipi rasanya.

Kalo suka bisa ditambahkan petai…tambah ciamik rasanya…:)

 

Oseng Bunga Pepaya

kates2 copy

Gara-gara tiap hari ngintipin blognya mba Diah Didi, akhirnya pas kepasar nemu….Haahhh, nemu??? Ketemu bunga pepaya, trus dibeli maksudnyaaaa…:). Duluuuu, pernah sekali bikin oseng kembang kates dan oseng ini termasuk masakan yang ngangenin buat aku karna rasanya yang pahit-pahit gimana gituh. Mungkin bagi sebagian orang malah gak suka karna rasanya yang pahit, tapi justru disini nilai tambahnya *tambah pahit maksudnya dibanding sayur yang lain…;p*.

Kalo bikin oseng begini yang makan dipastikan hanya dirikuh dan siembak, kalo suamiku yang pahit-pahit gini pasti gak suka. Makanya kalo bikinnya cuman secukupnya saja, biar cepet habis. Resepnya nyontek punyanya mba Diah Didi , halo mba Diah salam kenal dari pembaca setiamu…..:). Blognya kereeeennn, tiap hari aku intipin lhooo….:). Bagi yang penasaran silakan langsung meluncur ke sana banyak sekali makanan yang bikin laper mata dan laper perutt…Kemaren saya pake ikan asin yang digoreng, bukan pindang seperti punyanya mba Diah, dan saya tambahkan irisan tomat ijo. Di nikmati dengan nasi hangat….yummmiii….:d

Tumis Tahu Tauge

toge copy

Hari ini ceritanya masakanya serba minimalis ya… setelah sayur asem, sambal telur sekarang ganti tumis tahu tauge. Masakan ini juga cenderung cepat, tinggal srang sreng dah jadi….;p.

Tumis Tahu Tauge

Bahan :

  • 100 gram tauge
  • 1 buah tahu putih, dipotong dadu kecil, goreng setengah matang dan tiriskan.
  • 2 siung bawang putih, diiris tipis
  • 4 siung bawang merah, iris tipis.
  • 2 buah cabe merah, diiris tipis serong
  • 7 buah cabe rawit, diiris, bisa ditambah kalo suka pedes ato dikurangi kalo gak suka pedes
  • 3 sendok makan minyak sayur, untuk menumis
  • 1 sendok teh kecap manis ato sesuai selera
  • 1 sdm saos tiram
  • garam dan gula secukupnya.
  • 100 ml air

Cara membuat :

  • Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah dan bawang putih sampai kuning, masukkan cabe iris, saus tiram dan kecap manis.
  • Tambahkan air. Air ini fungsinya biar bumbunya meresap kedalam tahu dan tidak gosong. Kecilkan api.
  • Tunggu sampai tahu meresap, kemudian masukkan tauge. Besarkan api. Masak sebentar. Matikan api.
  • Jangan lupa cicipi rasanya…selamat menikmatii….:)

Oseng Wortel

Hohohoho

Baru kali ini eikeh posting resep masakan hari ini, patut di acungi jempoolllll*bangga, berani jujur itu baiikkkk, preett kayak slogan kpk sajah. Ini masakan tadi pagi, bikinya gampang tinggal srang-sreng srang sreng….taddaaa, jadi dehhh. Yang nulis bilang gampang soalnya bagian motongin korek api mbak asisten, eikeh mah tinggal bagian eksekusi doang*halah bahasanya*.  Lah sikecil rewel terus minta ditemenin nonton tipi, mosok pagi-pagi bunda disuruh nemenin nonton tipi, pagi2 itu waktunya bunda stripingg nduukk kecil, waktunya memasak dan menyiapkan bekal, ketcuup muuuahhh….:).

Untuk resepnya silakan disesuaian dengan bahan yang ada ya ibuk-ibuk, kalo gak ada wortel bisa pake labu siam, atopun pepaya muda…tambah maknyuss lagi kalo ditambahin udang…ckckckkc, sluurppp….:).

osengwortel

Oseng Wortel

by. Atik aka Bunda Nikeisha

Bahan:

250 gr wortel, kupas, potong korek api.

5 siung bawang merah, iris tipis.

2 siung bawang putih, cincang halus

3 buah cabe merah, iris serong

5 buah cabe rawit, rajang halus, bisa ditambah jika suka pedess.

1 lembar daun salam dan daun jeruk

1 batang sereh, geprek

1 iris laos geprek

sedikit minyak untuk menumis

gula dan garam secukupnya

100 santan sedang, bisa ditambah air kalo kurang.

Cara Memasak:

Tumis bawang merah dan bawang putih sampai kekuningan, masukkan irisan cabe, daun salam, daun jeruk, sereh, laos. Masukkan potongan wortel. Tambahkan santan, gula dan garam, cicipi rasanya dan masak sampai matang dan kuah tinggal sedikit. Sajikan dengan nasi hangattt…..heemmm, nyamnyam….:)

Oseng Cumi Cabe Merah

cumi copy

Resepnya asal cemplung karna dirikuh juga bingung mau masak apa, yang
gampang sajalah…belanja ditukang sayur ada cumi ambil sebungkus niatnya
mau bikin oseng cumi yang pedesss…apa daya setelah sampe rumah cabenya
habis dan tukang sayurnya sudah pergi*gigitwajansambilnangis*.

Oseng Cumi Cabe Merah

by: Atik bunda ‘nikeisha’

Bahan:
1/4 kg cumi cuci bersih, biarkan tintanya masih ada, konon katanya ini
yang bikin syedeeppp.
5 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, rajang
1 buah tomat potong kecil2
3 buah cabe merah iris serong bisa ditambah cabe rawit kalo suka pedes
merica bubuk secukupnya
saus tiram dan kecap manis secukupnya
gula, garam dan minyak secukupnya

Cara Memasak:

Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampe kekuningan. Kemudian masukkan cabe, tomat, masukkan cumi, Masukkan merica, saus tiram dan kecap manis. Tambahkan gula dan garam, cicipi rasanya, kalo ada yang kurang tambahkan. Jangan terlalu lama memasak cumi nanti jadi alot. Kalo sudah matang, hidangkan dengan nasi hangat…heemmmm, yummiii…:-p

Berhubung mbak dirumah tidak makan cumi, katanya gak tawar (maksudnya perutnya
sakit kalo makan cumi), kirain klo gak tawar ituh kulitnya gatal-gatal ato bentol2 gituh, ternyata sakit perut bisa jadi indikasi tidak tawar cumi… ini kata mbaknya lohnya, saya belom melakukan penelitian lebih lanjut…qeqeqeq. Satu lagi suami saya juga gak begitu suka cumi, paling cuman incip dikit akhirnya dirikulah yang sukses menghabiskanya seorang diri….eehh, tapi malam2 kenapa perutku jadi sakit yaaa…. jangan2 gak tawar juga kayak mbaknya….wkwkwkwkw.

Tumis Pare dan Nasi Gurih

IMG_2962 copy

Setelah kemaren bikin urap buat pendamping lodho, akhirnya besoknya bikin tumis pare teri buat pendamping blendrang lodho. Hiahahaha, rasanya gak kalah enyakkkk….:). Kalo suami mah gak suka pare, katanya pahit. Jadi kemaren yang ngabisin cuman berdua sama embak.

Tumis Pare 

Bahan:

1 buah pare, iris tipis dan remas-remas dengan garam untuk mengurangi pahit.

Teri secukupnya, seduh dengan air hangat (bisa diganti udang).

Bumbu Rajang halus:

5 buah cabe rawit.

2 buah cabe merah

1 buah tomat

5 butir bawang merah

2 siung bawang putih

1 ruas lengkuas, geprek.

1 lembar daun salam

gula dan garam secukupnya

minyak untuk menumis

Cara Membuatnya:

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu rajang sampai harum, masukkan daun salam dan lengkuas.
  2. Masukkan teri yang sudah di cuci sampai setengah matang, kemudian masukkan pare.
  3. Masukkan gula dan garam, cicipi.
  4. Angkat jika sudah matang.
  5. Sajikan dengan nasi hangat

Nasi GUrih

Jadi juga bikin nasi gurih, setelah kemaren sempet tertunda. Resepnya nyomot di lupa…hihihiih

kemaren cuman pake feeling ajah. Cuman ditambahin daun salam, daun salam, sereh dan garam. Beginilah hasilnya.

IMG_2965 copy

 

Setelah di eksekusi (jiaahhh, bahasanya), buat sarapan perut yang sudah keroncongan, diberi tumisan pare ditambah kucuran kuah blendrang lodho…..hemmmmm, itsss nyam nyammm….. Monggo sarapan rumiyin dulurrr….:)

IMG_2985 copy

Cah Baby Kailan

cah1

Setelah sarapan dan makan siang pake macaroni schotel, akhirnya sorenya masak nasi juga…qeqeqeq. Ubek-ubek kulkas akhirnya ketemu baby kai, yang udah mulai sedikit menguning. Akhirnya bikinlah tumisan ini dalam rangka menghabiskan sayuran di kulkas. Ada yang berminat, berikut resepnya…:).

Cah Baby Kailan

by. Atik ” Bunda Nikeisha”

Bahan:

3-4 ikat baby kailan, cuci lalu potong-potong.
3 siung bawang putih, keprek, rajang halus.
5 buah cabe rawit (bisa ditambah kalo suka pedes), 
1 buah cabe merah, iris serong.
1 bungkus terasi abc
gula dan garam secukupnya
sedikit minyak untuk menumis,

 

Cara Membuat:

  1. Ulek kasar cabe rawit bersama terasi.
  2. Panaskan minyak, tumis bawang putih sampai harum, masukkan ulekan cabe rawit bersama terasi, dan cabe merah.
  3. Masukkan baby kailan, aduk rata.
  4. Tambahkan gula dan garam, cicipi.
  5. Angkat dan hidangkan hangat-hangat.
 

Migoreng dan Sambal Acar

Ini menu sarapan kemaren, bikinya mudah.
Mienya dari mi instan, maaf gak nyebut merek, nti dikira promosi…;p
ngrebus mienya sebentar ajah soalnya nti kan mau dimasak lagi,
baso dipotong-potong, telur diorak-arik, bawang merah n putih di keprek n cincang, kasih cabe dicincang
kalo mau pedes.
sayurnya terserah, kemaren adanya wortel n sawi putih,
tambahkan daun bawang, kecap n saos sambal,

migoreng

Untuk acarnya, cuman wortel n mentimun dipotong kecil2, kasih gula garam n cuka,
oiya tambahkan rajangan cabe juga,
udah gitu ajah,

migor

« Older entries