Ayam Sisit

Sebenarnya postingan ini telat pake bingit, kalo yang ini gak usah dibahas yaaa… justru kalo ada postingan yang gak telat laen kali akan saya tulis pake huruf gede-gede trus di bold. Jadi kapan itu tulisan gede2 itu akan muncul di sini??? Tunggulah… Tunggulah sampai tiba waktunya…hiahahaha…:p

Waktu mudik lebaran kemaren baliknya dibawain ayam kampung utuh yang udah dibakar (yang biasae buat ayam lodho) sama ibu mertua. Bumbu2ya dibawain dari rumah. Wess kloppp gak bondo blass…wkwkwkw. Jiyaaahhhh, jadi ketahuan gembolan dari kampung yang segambrengg….qiqiiqiq. Sudah kebayang dipikiran separo saya buat ayam lodho separonya lagi dibuat ayam sisit ini.

Akhirnya kesampaian juga bikin ayam sisit ini, waktu liat pertama diblognya Mba Luluk, langsung kebayang enak banget ini kayaknya….*ngileerrr*. Tampilannya sangat menggoda sekali…sluurrppppp.Dan benar sekali waktu mencoba enak bingits,  pokoknya enak dehh*saya suka saya suka*. Ijin share resepnya ya mbak….:)

ayam1 copy

Resep Ayam Sisit

Bahan – Bahan:
  • 500 gr dada ayam, suir
  • 1 jeruk nipis ambil airnya, atau pakai secukupnya
  • 4 sdm minyak
     Bumbu yang dihaluskan:
  • 8 – 10 bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 – 7 cabe merah
  • 10 cabe rawit merah
  • 2 sdt terasi or secukupnya
  • 1 batang sereh, ambil dalamnya
  • 5 daun jeruk purut
  • 3 cm kunyit
  • garam dan merica secukupnya
Cara membuat:
  • Bakar ayam sampai matang, dinginkan kemudian disuwir. Sisihkan. Kemaren waktu nyuir-nyuirnya kurang kecil, maklumlah lagi buru-buru *dasar alesan*.
  • Tuangkan minyak panas ke dalam bumbu yang dihaluskan, aduk rata
  • Campur ayam suwir dengan bumbu, tambahkan jeruk nipis aduk dengan tangan atau sendok kayu sampai bumbu tercampur rata dengan ayam.
  • Siap untuk disajikan. Nikmati dengan nasi hangat…hemmm  yammmiiii….;)
    ayam2 copy

Sayur Asem Minimalis

asem copyMengawali hari ini dengan postingan sederhana, dibuat pada tahun baru, sebenarnya banyak sekali foto yang belom diposting, maklumlah…..diriku lagi terjangkit virus akut…3m (males males dan males….;p).

Banyak sekali resep sayur asem berseliweran di internet, sayur asem jakarta biasanya pake kemiri, terasi, cabe merah yang diuleg, kalo yang kemaren saya bikin versi yang 3s alias sangat simple sekali…hihiihihi…:). Cocok buat emak-emak seperti eikeh, yang kemampuan memasaknya terbatas *sadardiri*. Walopun sayur asem ini bumbunya minimalis tapi rasanya segeer banget lhoo…palagi kalo cuaca lagi panas banget, sayur asem lauknya ikan asin plus sambal terasii….slurrpppp….*tetanggalewatmahgakkeliatan*.

Resep Sayur Asem

Bahan : 

Kacang panjang, kubis, kangkung, cambah kedelei, krai, manisah, potong-potong sesuai selera.

Bumbu:

Rebus air sampai mendidih, masukkan asem muda, kemaren gak ada jadi pake blimbing wuluh saja, tomat, daun salam, lengkuas keprek, bawang merah iris tipis. Masukkan bahan-bahan di atas, masak sampai matang. Beri gula dan garam, cicipi rasanya…. Tuhh, gampang kan bikinyaa….:)

Resep Soto Daging

Waktu liburan kemaren akhirnya bikin soto daging, sebenarnya mau bikin “becek” semacam kari tapi bumbunya lebih soft, seger, kalo di Tulung Agung biasanya dijual bareng sate daging. Nah “becek” ini isinya sebagian besar ya lemak ato gajih, makannya bareng sama sate kambing, slurrppp *lupakansejenak koleserol…qeqeeqeq.*

Niatnya mau bikin becek apa daya tidak tau bumbunya, yang di inget ada temu kuncinya, tapi bumbu lainya apa juga gak tau. Akhirnya yah bikin pake kira-kira aja deh, jadilah kemaren bikin soto daging pake bumbu seperti soto ayam cuman ditambahin temu kunci…ckckckk, sedikit sesat tapi lumayanlah…*menghiburdiri.com*. Mungkin waktu nambahin temu kuncinya masih kurang, jadi nanggung rasanya masih seperti soto ayam biasanya cuman isinya
daging, okelah kalo begitu nanti bakal ditambahin kunci yang banyak kalo perlu gembok sekalian….wkwkwkwkw, dah mulai error neh.

Bagi yang pengen resepnya, iddiiihhh sapa jugak yang mauuu…mumpung eike lagi pede mau bagi-bagi resep neh, silakan dibawah ini yaa…. moga gak ada yang keracunan…qeqeqeqeq…;p

sotdag1 copy

Resep Soto Daging

Bahan:
250 gr daging sapi, potong-potong sesuai selera.
1 buah Tomat potong jadi 8, ato terserah.
1 batang daun bawang dan seledri, potong-potong.
bawang merah dan bawang putih goreng untuk taburan.

Bumbu:
7 butir Bawang merah
3 siung bawang putih
1 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe
1/2 ruas temu kunci
1/2 ruas kencur
1 ruas lengkuas, keprek, memarkan.
1 buah sereh, memarkan.
2 lembar daun salam dan daun jeruk
1/2 sdt ketumbar
1/4 sdt merica, boleh ditambah kalo mau pedes.
3 butir kemiri
garam dan gula secukupnya.
minyak sedikit untuk menumis bumbu.
sedikit penyedap bila suka.

Cara membuat:

  1. Rebus daging sampai empuk, buang busa yang muncul dipermukaan.
  2. Sangrai sebentar kemiri, ketumbar, kunyit. Kemudian haluskan semua bumbu kecuali daun salam, jeruk, lengkuas dan sereh.
  3. Tumis dengan sedikit minyak bumbu yang dihaluskan tadi, tambahkan daun salam, jeruk, lengkuas dan sereh yang sudah digeprek.
  4. Masukkan tumisan bumbu kedalam daging, cicipi rasanya, masak sampai matang.
  5. Terakhir masukkan potongan tomat, daun bawang dan seledri.
  6. Tunggu sampai mendidih lagi kemudian matikan api.
  7. Hidangkan dengan sambal dan taburan bawang goreng. Hidangkan dengan sambal rawit yang pedesss… Selamat menikmati…:)

sotdag2 copy

Gulai Pucuk Labu

labu copy

Ini masakan minggu kemaren. Lagi pengen nyoba masak daun pucuk labu. Resepnya hasil bisa disesuaikan dengan selera. Banyak resep berseliweran di google, tapi kemaren cuman pake feeling sajah…:). Berikut resepnya.

Gulai Pucuk Labu

by. Atik Bunda “Nikeisha”

Bahan:
2 ikat daun labu, siangi, pilih yang masih muda.

santan dan air secukupnya

Bumbu Halus:

5 buah cabe rawit
2 buah cabe merah, sebagian di iris serong.
2 siung bawang putih
4 siung bawang merah
2 butir kemiri dan 1/2 sdt ketumbar, disangrai.

1 cm kunyit

1 lembar daun salam dan jeruk

1 sereh dikeprek

sedikit minyak untuk menumis garam dan gula secukupnya

1 ruas lengkuas, keprek.

Cara Membuat:

  • Haluskan semua bumbu, tumis sampai wangi.
  • Masukkan sedikit air dan daun labu.
  • Tuangi santan.
  • Cicipi rasanya, angkat jika sudah matang.
  • Sajikan dengan nasi hangat.

Lodho Ayam dan Urap-urap

IMG_2923 copy

Lodho itu pasanganya nasi gurih sama urap-urap. Kalo ketiga menu ini udah didepan mata, mertua lewat dah gak keliatan *yaiyalah wong mertuanya ada di trenggalek, qeqeqeqe*.  Niatnya mau bikin nasi gurih apa daya waktu ambil beras, berasnya tinggal sajumput, akhirnya nasi gurihnya batal. Menunya ganti besok minggu, nasi gurih sama blendrang lodho…wkwkwkkww.

Resepnya banyak berseliweran, banyak versi yang berseliweran. Resep di bawah ini yang biasanya eike pake, monggo silakan dicoba…:)

Resep lodho ayam

by. Atik “Bunda Nikeisha”

Bahan:

1 ekor ayam kampung, dibuat ingkung dan dibakar. Kalo susah boleh di potong-potong dulu baru dibakar.
1 butir kelapa, kupas, parut, ambil 300 ml santan kental dan 600 ml santan encer (bisa ditambah kalo dirasa masih kurang empuk).

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1/2 sdm merica butiran
1/2 sdm ketumbar
2 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe
1 ruas jari kencur
3 buah cabai merah
15 buah cabai rawit (bisa ditambah jika suka pedas).
1 ruas jari lengkuas, geprak
2 batang serai, memarkan
3 lembar daun jeruk purut
2 lembar daun salam
garam & gula secukupnya
3 butir kemiri, sangrai terlebih dulu bersama ketumbar.

IMG_2966 copy

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus bersama dengan daun jeruk, daun salam, sereh & lengkuas hingga wangi.
2. Tambahkan, garam, gula & santan encer ke dalam tumisan. Didihkan.
3. Masukkan ayam bakar ke dalam wajan, aduk sebentar.
4. Teruskan memasak dengan api kecil sampai mendidih dan kuah agak berkurang.
5. Tambahkan santan kental. Aduk sesekali agar santan tidak pecah.
6. Angkat, sajikan dengan nasi gurih atau urap-urap.

Resep Urap-Urap

IMG_2927 copy

Lodho itu  pasangan yang serasi selain nasi gurih juga urap, kalo ketiga menu ini terhidang…rasanya sudah mantap surantap deh.. Tapi kalo gak ada nasi gurih, nasi biasa masih tetep oke kok…gak ada yang nglarang…:)
Cumaaaan, kalo lodho dijodohin sama nasi gurih dan urap-urap rasanya klop banget *kayak iklan aja*

Bahan :

Untuk urapnya sayuranya terserah selera, kebetulan kemaren adanya kacang panjang, sawi putih n wortel, sama sedikit daun kemangi.  Cuci dan potong-potong semua bahan, rebus atau kukus bersama bumbu urap.

Bumbu halus:
1 siung bawang putih
5 buah cabe rawit
sedikit kencur
1 lembar daun jeruk
gula dan garam
kalo mau warnanya cantik tambahkan cabe merah, buang isinya, kemaren gak pake soalnya gak ada.
Kelapa parut.

Cara Membuat:

Aduk semua bumbu halus dan kukus sampai matang, kemudian campur dengan sayuran rebus diatas.

Abon Ikan Tongkol

abon tongkol copy

Weekend kemaren sedih, soalnya sikecil yang lucu n imnyut lagi sariawan… Oalah nak, bunda baru tahu kalo ternyata dirimu kena sariawan… pantesan, beberapa malam kemaren itu rewel kebangun tiap malem, kirain bunda mau tumbuh gigi…adduududu, ternyata kemaren pas diliat bibirnya dalemnya merah-merah karna sariawan… halah kok jadi curhat gini ya… maaf ya ibuk-ibuk, maklumlah emaknya keisha lagi mellow neh…moga lekas sembuh ya sayang….:).

Akhirnya sebagai ibu yang baik hati dan bijaksana….uhuukk..:p, kemaren inisiatif bikin abon ikan buat sikecil. Ikannya oleh-olehl dari pulang kampung kemaren, dibawain uti. Kebetulan ikan tongkolnya udah di asap, kemudian sama uti dikukus biar tahan lama. Jadi kemaren tinggal di suwir-suwir dan dihaluskan dengan cobek. Karna buat sikecil sengaja abonya gak pake cabe rawit, resepnya dapet dari mba endang JTT, thanks ya mba dan ijin share resepnya….:).

Abon Ikan Tongkol
Bahan:
300 gram ikan tongkol, siangi, cuci bersih. Remas-remas dengan 1 sendok teh garam dan air asam jawa. Diamkan 15 menit. Garam dan asam selain menghilangkan bau amis ikan juga untuk mengurangi rasa gatal ikan tongkol yang kadang-kadang ‘menyelekit’.
Bumbu:
– 1 sendok teh ketumbar sangrai
– 1/4 sendok teh jinten
– 2 siung bawang putih
– 3 siung bawang merah
– 6 butir cabai rawit
– 1 ruas jahe (1 1/2 cm)
– 1 ruas kunyit (1 cm)
– 1 ruas lengkuas
– 2 lembar daun salam, robek kasar
– 1 batang serai ambil putihnya saja.
– 3 lembar daun jeruk purut, iris halus
– 2 sendok teh gula merah atau gula pasir
– 1 sendok teh garam
– 2 sendok makan minyak untuk menumis
– 1 sendok makan air asam jawa
Cara memasak:
  1. Kukus ikan tongkol beserta durinya selama + 15 menit. Angkat, dinginkan. Pisahkan duri dengan dagingnya. Haluskan daging ikan, saya menggunakan cobek dari batu.
  2. Sangrai daging ikan dengan api kecil hingga kering, jangan lupa untuk terus diaduk-aduk supaya tidak gosong. Jika telah kering, tandanya daging ikan remah dan tidak menggumpal, angkat. Sisihkan.
  3. Haluskan ketumbar, jinten, bawang merah, bawang putih, cabai, lengkuas, kunyit, serai, jahe, garam dan gula.
  4.  Dengan menggunakan penggorengan sisa menyangrai ikan, panaskan 2 sendok makan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum dengan menggunakan api kecil. Masukkan daun salam, air asam dan daun jeruk, aduk sebentar hingga daun bumbu layu. Matikan api.
  5.  Masukkan daging ikan yang telah disangrai ke dalam tumisan bumbu, aduk-aduk hingga bumbu tercampur merata. Cicipi rasanya.
  6.  Hidupkan api kompor, panaskan kembali abon ikan, masak + 5 menit saja sambil terus diaduk-aduk. Angkat.

Resep Ayam Sambal Kemangi

2012-12-04 05.43.43

Dapat resep ini hasil googling di internet, bosan dengan masakan ayam yang itu itu saja. Boleh dicoba resep dibawah ini. Bikinnya simpel dan cepat. Dengan taburan daun kemangi di sentuhan akhir memberi sensasi rasa yang nikmeh…:d.

Resep Ayam Sambal Kemangi

Bahan:
1/2 kg ayam, potong sesuai selera, lumuri jeruk nipis dan garam, cuci bersih.
minyak untuk menggoreng

Bumbu :
9 buah cabe rawit (boleh ditambah kalo suka pedes).
3 buah cabe merah
1 buah tomat
3 siung bawang putih, keprek agak halus.
5 butir bawang merah, iris tipis dan agak dihaluskan secara kasar, hadeeuh bahasanya maksudnya dihaluskan tapi tidak halus banget.
gula dan garam secukupnya
daun kemangi secukupnya.

Cara Memasak:
Goreng ayam sampai matang, dengan api kecil.
Haluskan cabe merah, cabe rawit, dan tomat.
Tumis bawang putih dan bawang merah sampai wangi, kemudian masukkan cabe dan tomat yang dihaluskan.
Masukkan gula dan garam, cicipi rasanya.
Masukkan ayam dan aduk sebentar, kecilkan apinya, setelah agak meresap matikan api dan masukkan daun kemangi, aduk sampai rata.
Sajikan dengan nasi hangatt.
Mari sarapan dulu…:)

Lele Tempe Penyet

Kemaren sore pulang dari kantor rasanya laper bener kok tiba-tiba pengen penyetan yaa, sebelum pulang mampir sebentar ke pasar beli lele dan sekalian minta dipotong jadi dua ke penjualnya….takutnya kalo gak dipotong dua nanti pas digoreng si elel masih hidupp….hiiiii, atuuuutt….:)). Kebetulan dikulkas juga ada tempe bisa dijadikan pelengkap neh.

Untuk lele gorengnya, cuci bersih dan taburi tepung bumbu siap pakee….hehehe, ini resep instan ala emak-emak cerdas…qeqeqeqe..;p.

Resep Tempe Goreng
1 papan Tempe potong tipis-tipis,
Bumbu tempe goreng:
1 siung bawang putih
garam secukupnya
1 sdt ketumbar ==> jika tidak suka boleh diskip
Haluskan semua bumbu, kasih sedikit air kemudiah celupkan tempe yang sudah di potong-potong ke dalam bumbu rendama lalu goreng kering…:)

Untuk sambalnya:
5 biji cabe rawit, boleh ditambah kalo suka pedess.
1 buah cabe merah
1 buah tomat
2 butir bawang merah
trasi sedikit
goreng semua bahan sambal kemudian uleg, tambahkan gula dan garam.

Kebetulan ada sisa putih telornya dedek n ayam kemaren jadi yasudahlah masukin aja semunya biar rame,
sebagai pelengkapnya pake bayam yang direbus kasih sedikit garam, mentimun, dan daun kemangi hasil metik dari depan rumah…makan malam kami terasa nikmat sekali….:)

Pepes Jamur

Menu favorit saya ini mah, tapi jarang masak ini…nah loh?? katanya favorit tapi kok jarang masak…yaa, terserah eikelahyaw… penonton dilarang protess…;p.
banyak resep yang beredar di internet, kadang bumbu-bumbu menyesuaikan selera kita. barangkali ada yang berminat silakan dicoba, dimakan pake nasi angett….heemmmm….yammy…:)

Resep Pepes Jamur

Bahan :
250 gr jamur tiram suwir-suwir, cuci bersih, peras airnya.
kelapa parut memanjang
1 butir telur
daun pisang untuk membungkus dan lidi

Bumbu halus:
3 cabe merah
5 cabe rawit (boleh ditambah kalo suka pedes)
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 lbr daun salam
1/2 sdt terasi

2 batang daun bawang, potong kecil.
1 buah tomat, iris kecil-kecil
1 batang sereh
gula dan garam secukupnya.
minyak untuk menumis
daun kemangi secukupnya

Cara membuat:
Haluskan semua bumbu, kecuali sereh dan daun salam kemudian tumis sebentar.
Campurkan bumbu tumis ke jamur, kelapa parut, tambahkan gula dan garam, masukkan telor aduk.
Masukkan kemangi, tomat iris dan daun bawang. Aduk rata.
Bungkus dengan daun pisang dan kukus sampai matang kurleb 20menit.
Angkat dan sajikan dengan nasi hangat.

Resep Tahu Aci

Browsing-browsing nemu resepnya tahu acinya mba asri kayaknya enak.
Belom pernah ngerasain gimana rasanya tahu aci, cuman ngira-ngira ajah… Resepnya silakan meluncur langsung ke sana ya…

Ini penampakanya,

Selain itu bumil juga bikin sayur sop, seger buat nanti siang…:)
Resepnya gampang semua bahan sop potong-potong,
bisa ditambahkan baso ato potongan ayam terserah,
bumbunya bawang putih n merica di tumis masukin ke air yang sudah mendidih,
terakir masukin bawang goreng biar sedep.

yuk maree maksi dulu temans…:)

« Older entries