Kering Tempe Kriuk

tmp

Kering tempe ini lauk praktis untuk di simpan lama. Lumayan buat musim paceklik males masak…;-p. Sekarang saya sudah tau caranya bikin kering tempe kriuk, intinya ternyata waktu menggoreng bahan dan bumbunya musti bener-bener kering, biar tidak melempem. Hehehehe…. kelihatannya gampang, tapi untuk pemula seperti dirikuh butuh percobaan dulu.

Dulu waktu pertama kali bikin kering tempe, waktu menumis bumbu kelamaan, sehingga gula merahnya menjadi menggumpal dan tidak bisa menyelimuti tempenya. Yaelaaa, percobaan pertama gagal total. Ternyata bikin kering tempe tidak mudah ya…. mana waktu itu bikinnya banyak lagi, kepedean banget waktu itu. Akhirnya tempe yang masih belom terbalut bumbu yang lumayan banyak saya pilihi, dan saya bikin bumbu baru. Sebelumnya bumbunya beli jadi ditukang bumbu giling, yaiyalah bokk, masak ditukang bangunan…wkwkwkkw. Berbekal ilmu kira2, akhirnya bikin lagi dan sewaktu gula merah masuk ke bumbu begitu mulai mencair langsung saya matikan api dan aduk cepat… Alhamdulillah akhirnya berhasil juga…..:).

Kalo resep dibawah  ini versi bumbu iris, untuk emak sibuk pemalas seperti dirikuh. Intinya semua bumbu di tumis kering, baru masukkan gula merah. Aduk cepat. Kalo suka bisa ditambahkan irisan daun jeruk dan teri yang digoreng kering. Sekali lagi resep dibawah adalah yang versi minimalis…heheheh.

Kering Tempe Kacang

Bahan:

2 papan Tempe 2 papan, kemaren beli 5rb di pasar, potong korek api lalu goreng kering.

100 gr Kacang Tanah, goreng kering.

Bumbu Iris:

5 butir bawang merah, iris tipis goreng kering

4 siung bawang putih, iris tipis goreng kering.

4 buah cabe merah, iris serong.

garam dan gula merah secukupnya

Cara Memasak:

Tumis bumbu bawang merah setengah matang, kemudian masukkan bawang putih dan cabe merah. Di kira-kira saja biar nanti bawang merah dan bawang putih matengnya barengan. Begitu bumbu matang masukkan gula merah dan garam, setelah gula merah mencair, matikan api, langsung masukkan tempe dan kacang, aduk cepat. Bila suka tambahkan irisan daun jeruk. Rasanya lebih maknyuss….

Advertisements

Resep Super Fudgy Brownies

sfb copy

Untuk kedua kalinya saya bikin brownies ini, rasanya brownies ini memang top deh. Kalo dulu dengan resep yang saya kurangi gulannya, sekarang bikin sesuai resep plek. Cuman minus baking powder, lah berarti gak sesuai resep plek dong….;-p. Maklumlah lagi gak punya baking powder, toh juga gak mengurangi kelezatan brownies ini. Brownies ini jika sudah di inapkan rasa manisnya akan berkurang dan tambah legit….heemmmm lezatoss….:).

Resepnya dari bunda Nadhifa mba ricke indriani. Berikut saya tulis lagi resepnya.

Super Fudgy Brownies

Bahan:
120 gram unsalted butter
130 gram terigu protein sedang/all purpose flour
30 gram coklat bubuk
1/2 sdt baking powder ==> kemaren gak pake
1/2 sdt garam
225 gram dark cooking chocolate, cincang
250 gram gula pasir halus (gula kastor)
3 butir telur ukuran besar

Taburan (optional):
choco chip dan keju parut.

Cara membuat:
1. Panaskan oven 180’C. Olesi loyang dengan mentega dan alasi dengan kertas roti. Oles kembali dengan mentega. Pada bagian sisi-sisi loyang lebihkan sedikit kertas rotinya sekitar 1 cm (fungsinya untuk mengangkat brownies keluar dari loyang). Sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam. Sisihkan.
3. Lelehkan butter. Masukkan dark cooking chocolate. Aduk-aduk hingga coklat meleleh dan tercampur rata dan licin. Angkat.
4. Masukkan gula pasir halus. Aduk rata dengan whisker hingga gula terlihat menyatu dengan coklat. Masukkan telur. Aduk rata kembali hingga rata dan lembut. Masukkan campuran terigu. Aduk rata hanya sampai tepung sudah merata dan tidak terlihat lagi. Jangan diaduk terlalu lama!
5. Tuang ke dalam loyang. Ratakan permukaannya. Beri taburan kacang-kacangan dan chocolate chips bila suka. Panggang dalam oven sampai matang sekitar 50 menit. Test sentuh permukaan bagian tengahnya sudah kokoh bila ditekan dan akan terbentuk lapisan ‘shiny crust’ khas brownies. Test tusuk bila perlu.
6. Keluarkan dari oven. Diamkan sekitar 30 menit dalam loyang. Keluarkan dengan cara mengangkat kelebihan kertas roti di sisi loyang. Dinginkan di rak kawat. Potong-potong sesuai selera.

Dibawah ini penampakan sebelum di panggang.

sf

Sambal Trasi

IMG_5101

sebenarnya saya bingung mau motret sisambel ini…mati gaya dirikuh..
kalo dah masuk toples itu rasanya gak bisa disuruh action aneh2…jadi
anteng kalo dipoto… hehehhehe.

Bisa buat temen makan tahu, tempe ato krupuk terserah….
Resepnya seperti biasalah pake ilmu kira2, intinya cabe merah n rawit,
bawang merah bawang putih, tomat, trasi, gula garam kasih sedikit gula merah.

IMG_5116