Puding Sutra Mangga

Minggu kemaren kebetulan  ketempatan acara yasinan ibu2. Salah satu snacknya saya bikin puding sutra ncc yang sudah tersohor ituh. Sedikit ribet menurut saya yang masih pemula, tapi sebanding dengan rasanya yang segerrrrr bangett sukkaa dehhh….dua jempol:)

 

p5 copy

Resep Puding Sutra Mangga

Bahan :
1 kaleng susu kental manis
6 kaleng air ( pake kaleng susu kental manis tadi yaa!)
1 bks agar-agar swalow
1/2 btl sirup mangga ABC SQUASH (jgn diganti pake sirup lain )
buah segar/kalengan sesuai selera untuk topping (kemaren saya pake stroberi, anggur dan agar2).
Cara membuat :
1. Campur SKM, agar-agar & air, aduk rata
2. Rebus hingga mendidih. Biarkan uap panasnya hilang.
3. Tuang kedalam cetakan puding ato cup seperti diatas. Biarkan dingin kurang lebih 2jam.
p1 copy
4. Tuang 1 sdm sirup mangga ABC SQUASH /cup nya. Waktu nuang sirupnya memang puding belom terlalu mengeras,  ini supaya sirupnya masih bisa meresap kedalam puding.
p2 copy
5. Beri topping buah segar sesuai selera (atau buah kalengan juga bisa).
p4 copy
6. Simpan dalam lemari es minimal 3 jam ( kemaren di inapkan semalaman )
Kemaren lebih saya taruh di baskom kecil, untuk juragan kecil dan juragan besar….:)
jur

Ayam Sisit

Sebenarnya postingan ini telat pake bingit, kalo yang ini gak usah dibahas yaaa… justru kalo ada postingan yang gak telat laen kali akan saya tulis pake huruf gede-gede trus di bold. Jadi kapan itu tulisan gede2 itu akan muncul di sini??? Tunggulah… Tunggulah sampai tiba waktunya…hiahahaha…:p

Waktu mudik lebaran kemaren baliknya dibawain ayam kampung utuh yang udah dibakar (yang biasae buat ayam lodho) sama ibu mertua. Bumbu2ya dibawain dari rumah. Wess kloppp gak bondo blass…wkwkwkw. Jiyaaahhhh, jadi ketahuan gembolan dari kampung yang segambrengg….qiqiiqiq. Sudah kebayang dipikiran separo saya buat ayam lodho separonya lagi dibuat ayam sisit ini.

Akhirnya kesampaian juga bikin ayam sisit ini, waktu liat pertama diblognya Mba Luluk, langsung kebayang enak banget ini kayaknya….*ngileerrr*. Tampilannya sangat menggoda sekali…sluurrppppp.Dan benar sekali waktu mencoba enak bingits,  pokoknya enak dehh*saya suka saya suka*. Ijin share resepnya ya mbak….:)

ayam1 copy

Resep Ayam Sisit

Bahan – Bahan:
  • 500 gr dada ayam, suir
  • 1 jeruk nipis ambil airnya, atau pakai secukupnya
  • 4 sdm minyak
     Bumbu yang dihaluskan:
  • 8 – 10 bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 – 7 cabe merah
  • 10 cabe rawit merah
  • 2 sdt terasi or secukupnya
  • 1 batang sereh, ambil dalamnya
  • 5 daun jeruk purut
  • 3 cm kunyit
  • garam dan merica secukupnya
Cara membuat:
  • Bakar ayam sampai matang, dinginkan kemudian disuwir. Sisihkan. Kemaren waktu nyuir-nyuirnya kurang kecil, maklumlah lagi buru-buru *dasar alesan*.
  • Tuangkan minyak panas ke dalam bumbu yang dihaluskan, aduk rata
  • Campur ayam suwir dengan bumbu, tambahkan jeruk nipis aduk dengan tangan atau sendok kayu sampai bumbu tercampur rata dengan ayam.
  • Siap untuk disajikan. Nikmati dengan nasi hangat…hemmm  yammmiiii….;)
    ayam2 copy

Tahu Isi Rebung

 

tahu copy

Pernah bikin tahu isi yang isinya rebung?

 

Saya pernah, ini buktinya….hehehehe.

Terinspirasi dari Mba Diah Didi, tapi punya saya versi yang minimalis.

Gak pake udang dan ayam…

Kalo mau liat resepnya silakan meluncur ke sana ya…

disini saya cuman mau pamer poto sajah kalo sudah pernah bikin Tahu berontak isi rebung…qeqeqeqee *sudahlah abaikan ocehan yang gak jelas ini*.

 

 

Brownies Ummu Allegra

Akhirnya ikutan bikin juga brownies sungai ini. Disebut brownies sungai karena di atasnya terdapat guratan seperti sungai. Tapi punyaku ini berhubung lagi musim kemarau jadi sungainya kering deh…hihahahahah karena kemaren waktu bikin DCC/coklat lelehnya kurang. Selain itu gula palem aku ganti gula pasir, dan gak pake pengembang, lain kali mau bikin lagi yang sesuai resep. Dan juga manggangnya kemaren kayaknya sedikit over deh, jadi agak keras. Masih penasaran dengan resep ini, lain kali mau nyoba lagi …:)

 

bronu

TRIPLE CHOCOLATE BROWNIES
by: Ummu Allegra
 
Bahan :
3 butir telur besar ( kalo kecil pakai 4)
150 gr gula pasir (aslinya 200 gr)
100 gr gula palem (aslinya 125 gr) ==>kmren gak punya, aku ganti gula pasir.
115 ml minyak goreng
1 sdt vanilla bubuk
100 gr coklat masak, lelehkan
200 gr tepung terigu protein sedang
25 gr coklat bubuk
1/2 sdt baking powder ==> kmaren gak pake
1/2 sdt soda kue ==> gak pake
chocochips secukupnya
Cara Membuat :
  • Panaskan oven 180’C, siapkan loyang 20x20x4 cm atau 22x22x4 cm. Oles margarin atau minyak dan alas dengan kertas roti hingga sisi-sisinya. Sisihkan.
  • Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan soda kue. Sisihkan.
  • Kocok telur, gula pasir, gula palem dan vanilla bubuk selama 2-3 menit, hanya sampai gula larut. Saat mengocok, mixer digerakkan bolak balik dan jangan searah ya.
  • Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil dimixer bolak-balik. Bisa juga diaduk memakai sendok kayu atau spatula ya.
  • Masukkan minyak goreng, aduk hingga rata.
  • Masukkan sebagian chocochips. Aduk rata.
  • Tuang coklat masak leleh, sisakan sedikit untuk topping ya. Aduk rata.
  • Tuang adonan ke dalam loyang. Buat motif coklat leleh di atasnya dengan menggunakan sendok dan taburi sisa chocochips.
  • Panggang dengan suhu 180’C selama 30 menit dan jangan overbake nanti kue akan keras.

Oseng Pindang Lombok Ijo

Masih seputaran menu yang gampang-gampang. Maklumlah si empunya blog kapasitas otaknya juga terbatas alias minim….;d.  Bumbunya juga tinggal di iris-iris dan ditumis…. pindangnya juga digoreng dulu…heemmmm, dimakan pake nasi anget aja udah lazzizzz…..:p. Dijamin bakalan gagal diet nehh… Bagi yang minat berikut resepnya..

 

pindangijo copy

Oseng Pindang Lombok Ijo

Bahan:

2 kranjang ikan pindang, cuci dan goreng.

Bumbu (iris tipis semua bumbu dibawah):

5 butir bawang merah,

3 butir bawang putih,

7 buah cabe cabe ijo,

5 buah cabe rawit, bisa ditambah atau dikurangi, sesuai selera

1 buah tomat

Gula dan garam secukupnya

Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Air sedikit

Daun salam dan laos keprek.

Cara Memasak:

1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai kuning, masukkan cabe,daun salam, lengkuas dan tomat.

2. Tambahkan sedikit air, biar tidak gosong.

3. Masukkan gula dan garam.

4. Terakir masukkan pindang, cicipi rasanya. Aduk rata, angkat.

Sajikan dengan nasi hangatt….Hemmm….nyammmnyammm…:)

 

 

Sambal Goreng Tempe

Harap maklum jika menu-menu yang tampil menu minimalis, maklumlah yang empunya blog juga kemampuanya minimalis. Jadi masaknya yang gampang-gampang aja deh.

Resep Sambal Goreng Tempe

tempe

Bahan:

Tempe 1 bungkus, potong kotak-kotak, goreng setengah matang.

Bumbu:

5 butir bawang merah, iris tipis

3 butir bawang putih, iris tipis

3 buah cabe merah, iris serong

5 buah cabe rawit, iris tipis (bisa ditambah atau dikurangi).

Gula dan garam secukupnya

Kecap dan minyak secukupnya

Cara Membuat:

Tumis semua bumbu hingga matang, masukkan tempe, kecap, gula dan garam. Cicipi rasanya.

Kalo suka bisa ditambahkan petai…tambah ciamik rasanya…:)

 

Es Cao

Alhamdulillah Yaa Alloh akhirnya bisa juga masuk ke rumah ini, setelah sekian puluh hari meninggalkannya….. Tadi barusan nyoba masuk lewat google chrome tidak bisa katanya salah apa githuuu….huhuhuuh. Akhirnya nyoba lewat mozzila bisa juga, leggaaa rasanyaaa….*syujudsyukur*.

Untuk mengawali postingan kali ini mari kita sambut postingan yang tidak bermutu yang sudah ngendon dari jaman jebat setelah lebaran, yaitu oleh-oleh mudik lebaran. Di depan rumah mertua ada pohon cao yang menjalar, yang daunya ada bulunya itu lhoo….*kayaknya enak kalo dibikin es siang-siang, seggerrrr* jadi menantu yang baik hati ini memetik beberapa helai untuk dibawa pulang ke sidoarjo…;p.

 

cao

 

Bikinya gampang sodara-sodara. Daun cao di cuci bersih, trus diremas-remas dengan air (airnya pake kira-kira aja). Kemaren waktu bikin ini jadi inget masa kecil waktu mainan daun randu yang dibuat minyak-minyakan jaman bahuela, daun randu dikasih air trus diremas-remas trus disaring….hihihiihih*nostalgia masa kecil* halah kok jadi ngomongin daun randu. Ya itu tadi metodenya daun cao diremas-remas disaring trus diamkan nanti akan membeku mengeras menjadi cao.

Untuk juruh (kuah gula merah santannya) : Gula merah+gula pasir (ini banyaknya terserah, sesuai selera kita manisnya), kasih air (airnya juga terserah, suka suka deh pokoknya), kasih daun pandan, sedikit garam dan vanili. Rebus sampai mendidih angkat. Sajikan cao yang sudah mengeras tadi dengan guyuran kuah gula merah. Beri es jika suka.

cao2