Donat Kampung

Hari Sabtu minggu kemaren (nahlo, bingung gak bacanya), akhirnya kesampain juga bikin donat. Kali ini donat tanpa kentang, kalo di blognya mba Luluk Williams, dikasi namanya donat kampung… Saya gak tau kenapa namanya donat kampung, mungkin karna rasanya mengingatkan jajanan tempo dulu kali ya, jadi judulnya saya ngikut aja mah…:).

Jadi penasaran, kalo ada donat kampung berarti ada donat kota dong mba Luluk Williams?? hehehehe, mungkin yang masuk kategori donat kota ya semacam jco, dunkin kali yee….;d. Untuk percobaan kemaren saya mencoba bikin 1/2 resep saja karna kalo bikin satu resep pasti capek nguleninya*dasar ibu pemalas* qeqeqeqe.

Blognya mba Luluk Williams ini keren lho, dilengkapi step by step, cucok buat pemula seperti dirikuh inihhh, ijin share resepnya ya mba dan salam kenal…*aku sering ngintipin blognya lho, cuman baru hari ini ninggalin jejak, silent reader yang pemaluuuuu…..hihihihii*

Kemaren bikin 1/2 resep hasil jadinya sekitar 11 donat, ini tergantung besar kecilnya adonan ya…kalo semakin kecil hasilnya pastinya juga lebih banyak. Berhubung dirikuh emak-emak pemalas dan si kecil juga ikut-ikutan ngerecoki  pengen ngebentuk juga. Dan kali ini diriku puassss dengan hasilnya, walopun masih belom semulus punyanya  mba Luluk Williams, untuk donatku kali ini not badlah yaw..*menghibur diri*.

donat2 copy

Donat Kampung

by: Luluk Williams (http://indonesian-medan-food.blogspot.com)

Bahan: 
 500 gr tepung protein tinggi (cakra kembar)
100 gr gula
3 sdm susu bubuk
1  bks yeast (11 gr) saya pakai fermipan
200 – 225 ml air es
3 btr kuning telur
1 sdt vanili
80 – 100 gr margarin atau butter
Cara Membuat: 
  • Campur semua bahan kering sampai merata.
  • Masukkan kuning telur, uleni (bisa gunakan mesin atau tangan) kemudian air sedikit demi sedikit sampai adonan dapat diuleni dengan rata. Biasanya ukuran air ini sudah cukup tapi air tidak perlu digunakan semua jika tidak perlu tergantung kekeringan tepungnya).
  • Uleni adonan sampai kalis biasanya 18 – 20 menit
  • Istirahatkan adonan selama 30 menit, kemudian timbang  kira-kira 40 gr bola-bola ( atau sesuai dengan besar donat yang anda inginkan).
  • Sementara itu taburkan tepung dengan menggunakan saringan diatas kertas roti atau talam
Membentuk donat ==>untuk lebih jelasnya silakan klik disini 
  • Masukkan jari tengah ke bola donat, dengan menggunakan telapak tangan tekan adonan dengan gerakan memutar sampai didapat bentuk bulat halus (lihat gambar disini). Pada mulanya agak sulit dan bentuk tidak teratur, tetapi setelah mencoba beberapa buah anda akan terbiasa dan bentuk akan lebih bagus.
  • Letakkan donat diatas permukaan yang telah ditaburi tepung dan biarkan selama 20 menit.
  • Goreng donat dengan api kecil dan balik-balik sampai matang
  • Biarkan donat goreng sampai benar-benar dingin sebelum memberi taburan gula maupun topping lainnya
  • Kemaren toppingnya pake coklat rasa apel yang dilelehin dan ditaburi meses, ehhhmmm…donatnya empuk dan menul-menul*halahbahasanya*.

donat1 copy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: