Resep Soto Daging

Waktu liburan kemaren akhirnya bikin soto daging, sebenarnya mau bikin “becek” semacam kari tapi bumbunya lebih soft, seger, kalo di Tulung Agung biasanya dijual bareng sate daging. Nah “becek” ini isinya sebagian besar ya lemak ato gajih, makannya bareng sama sate kambing, slurrppp *lupakansejenak koleserol…qeqeeqeq.*

Niatnya mau bikin becek apa daya tidak tau bumbunya, yang di inget ada temu kuncinya, tapi bumbu lainya apa juga gak tau. Akhirnya yah bikin pake kira-kira aja deh, jadilah kemaren bikin soto daging pake bumbu seperti soto ayam cuman ditambahin temu kunci…ckckckk, sedikit sesat tapi lumayanlah…*menghiburdiri.com*. Mungkin waktu nambahin temu kuncinya masih kurang, jadi nanggung rasanya masih seperti soto ayam biasanya cuman isinya
daging, okelah kalo begitu nanti bakal ditambahin kunci yang banyak kalo perlu gembok sekalian….wkwkwkwkw, dah mulai error neh.

Bagi yang pengen resepnya, iddiiihhh sapa jugak yang mauuu…mumpung eike lagi pede mau bagi-bagi resep neh, silakan dibawah ini yaa…. moga gak ada yang keracunan…qeqeqeqeq…;p

sotdag1 copy

Resep Soto Daging

Bahan:
250 gr daging sapi, potong-potong sesuai selera.
1 buah Tomat potong jadi 8, ato terserah.
1 batang daun bawang dan seledri, potong-potong.
bawang merah dan bawang putih goreng untuk taburan.

Bumbu:
7 butir Bawang merah
3 siung bawang putih
1 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe
1/2 ruas temu kunci
1/2 ruas kencur
1 ruas lengkuas, keprek, memarkan.
1 buah sereh, memarkan.
2 lembar daun salam dan daun jeruk
1/2 sdt ketumbar
1/4 sdt merica, boleh ditambah kalo mau pedes.
3 butir kemiri
garam dan gula secukupnya.
minyak sedikit untuk menumis bumbu.
sedikit penyedap bila suka.

Cara membuat:

  1. Rebus daging sampai empuk, buang busa yang muncul dipermukaan.
  2. Sangrai sebentar kemiri, ketumbar, kunyit. Kemudian haluskan semua bumbu kecuali daun salam, jeruk, lengkuas dan sereh.
  3. Tumis dengan sedikit minyak bumbu yang dihaluskan tadi, tambahkan daun salam, jeruk, lengkuas dan sereh yang sudah digeprek.
  4. Masukkan tumisan bumbu kedalam daging, cicipi rasanya, masak sampai matang.
  5. Terakhir masukkan potongan tomat, daun bawang dan seledri.
  6. Tunggu sampai mendidih lagi kemudian matikan api.
  7. Hidangkan dengan sambal dan taburan bawang goreng. Hidangkan dengan sambal rawit yang pedesss… Selamat menikmati…:)

sotdag2 copy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: