Roti Pisang Keju

roti2

Lagi punya stok pisang raja, akhirnya pengen nyoba bikin roti dengan metode water roux. Resepnya ngintip dari blognya mba hesty. Thanks ya mba blognya inspiratif sekali…:).

Percobaan perdana neh ceritanya, blom pernah bikin roti sebelumnya. Ngliat rotinya mba hesty yang cantik-cantik jadi kepengin, menggoda iman….qeqeqeqeq. Akhirnya dengan segala tekad (halah), jadi juga bikin roti dengan metode water roux. Katanya metode ini lebih lembut dibandingkan dengan metode biasanya, jadi kepengen nyobain bookk.

Untuk yang mau resepnya silakan ada dibawah:

Roti Pisang Coklat Keju

source: http://hesti-myworkofart.blogspot.com

Water Roux :

100 gr tepung terigu protein tinggi
500 ml air

Cara Membuat :
Dalam panci, campur air dan terigu. Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api kecil sampai kental. Jangan sampai mendidih. Sisihkan, tutup dengan plastik wrap. Biarkan dingin.

Bahan Roti :

240 gr water roux starter
220 ml air/susu cair (aku pake susu UHT, lebih baik dituang sedikit-sedikit)
120 gr gula
10 gr garam

500 gr tepung terigu protein tinggi
200 gr tepung terigu protein sedang
15 gr susu bubuk
11 gr ragi instan

60 gr minyak/butter (aku pake margarin)

Cara Membuat:
Campur semua bahan kering kecuali butter dan garam.
Masukkan campuran water roux dan susu cair. Uleni hingga kalis.
Masukkan butter dan garam, uleni hingga kalis elastis.
Tutup dengan plastik wrap, fermentasikan sekitar 45 menit.
Bagi adonan dan Bentuk sesuai selera.

Setelah dibentuk, beri isian sesuai selera. Kemaren isianya cuman pake pisang raja yang di tumis margarin, dikasih coklat dan keju aja. Lain kali mau nyoba resep yang lainya.

Setelah dibentuk, lakukan proses profing yang kedua kalinya kira-kira sekitar 45 menit (tergantung cuaca ya, ini kemaren juga pake kira-kira).

roti1

Untuk bentuknya silakan klik disini.

atau klik disini kalo mau bentuk kepang

Kemaren bentuknya minimalis banget deh, berhubung pisangnya habis maka nyoba dibentuk roti sobek, yang bulet-bulet gampang bikinya sambil merem…;p.

Sebenarnya maksud hati mau dibentuk kayak bulan sabit atau melingkar yang keliatan isianya apa daya tangan ini terlalu kaku  untuk bertarung dengan terigu yang super lembut*beeuuhhhh, tangan kuli kok disuruh bentuk2 roti, jadinya malah kacau balau…qeqeqeqeq*

Ukuran rotiku kemaren super jumbo, makan satu saja pasti kenyang, maklumlah porsi manol….hohohooh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: