Sagu Keju Pandan

sakepa copy

Varian lain dari sagu keju, warna hejoooo didapat dari pasta pandan. Yeepp, sagu keju pandan, resepnya dari mba Ricke Indriani. Percobaan perdana neh, setelah sagu keju ncc, nyoba sagu keju pandan. Bentuknya masih belom rapih, maklumlah masih pemula di dunia baking….qeqeqeq.

Resepnya dapet dari blognya mba nina  ijin share resepnya ya mba….:)

Sagu Keju Pandan

source : Ricke – Ordinary Kitchen

Bahan :
  • 225 gr butter (kemaren aku mix butter + margarin)
  • 150 gr gula halus
  • 3 kuning telur
  • 2 sdt pasta pandan
  • 75 gr keju tua (bisa pakai edam/parmesan/gouda), haluskan ==> kmren cuman pake 50 gr, tinggal segitu stocknya…;p.
  • 100 gr keju cheddar parut halus, angin-anginkan hingga agak kering ==> aku pake 125 gr, buat gantiin keju edam yg kurang.
  • 300 gr tepung sagu tani
  • 3 lembar daun pandan
  • 50 gr maizena
  • 50 gr tepung terigu protein sedang
  • 2 sdm susu bubuk full cream
Hiasan :
Cherry merah potong-potong kecil
Cara Membuat :
  • Sangrai tepung sagu bersama daun pandan. Aduk-aduk hingga daun pandan kering dan layu serta tepung sagu terasa lebih ringan. Dinginkan.
  • Campurkan tepung sagu yang telah diayak bersama tepung terigu, maizena dan susu bubuk. Sisihkan.
  • Kocok butter dan margarin bersama gula halus hingga lembut, masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok hingga rata.
  • Masukkan pasta pandan, aduk rata.
  • Masukkan keju tua dan keju cheddar, aduk rata memakai spatula.
  • Masukkan campuran tepung, aduk rata memakai spatula.
  • Masukkan adonan ke dalam piping bag yang telah diberi spuit, kemudian semprotkan ke atas loyang yang telah dioles tipis dengan margarin.
  • Bentuk sesuai selera dan beri hiasan cherry merah.
  • Panggang dalam oven suhu 130-140’C selama kurang lebih 30 menit hingga matang. Lama pemanggangan tergantung dengan ukuran dan juga ketebalan adonannya ya. Silahkan disesuaikan dengan oven masing-masing.
  • Setelah matang, angkat dan dinginkan di rak kawat kemudian simpan di wadah kedap udara.

Berikut ini tips dari Bunda Ricke :

  • Tepung sagu disangrai dahulu untuk mengurangi kadar air dalam tepung sehingga hasil akhir kuenya menjadi lebih renyah dan ringan.
  • Dalam proses pengocokan butter + margarin, jangan terlalu lama hingga mengembang karena nanti hasil kuenya akan melebar ketikan dipanggang. Jangan pula terlalu sebentar ketika mengocok karena nanti hasil kuenya akan kurang ngeprul.
  • Untuk menghaluskan keju tua bisa memakai blender agar kejunya tidak berbongkah-bongkah ketika dispuit.
  • Pastikan memanggang dengan api kecil / suhu rendah ya, agar hasil kuenya matang sempurna dan tidak gosong.
Advertisements

Sagu Keju

sagu2

Lebaran kali ini mencoba bikin kue kering. Maunya sih nastar, nastar keju, chocochips cookies, sagu keju, putri salju, *halah kebanyakan ngayal*. Padahal yang dibikin cuman sagu keju sama chocochips (eeh yang ini malah belom, niatnya sih nanti malam…;p).

Pilihan jatuh pada sagu keju karnya keliatanya yummyy, lembut ada bintik-bintiknya, dan lumer di mulutt….*encceesss*. Langsung saja cekidot this recipe…:), Resepnya nyomot dari NCC .

Sagu Keju

Fatmah Bahalwan

Bahan:

300gr   tepung sagu (sagu tani)
2 lbr     daun pandan
100 gr  margarine
50gr     mentega
150gr   gula halus
1 btr     kuning telur
100gr   keju edam, parut (kemaren pake 50 saja, sisanya keju chedar)
50ml     santan kental

Cara membuat:

  1. Sangrai tepung sagu dan daun pandan dengan api kecil hingga daun pandan kering. Angkat,dinginkan.
  2. Kocok margarine dan mentega hingga lembut, masukkan gula, kocok rata. Tambahkan kuning telur, kocok rata. Masukkan keju parut, kocok sebentar saja, matikan mikser.
  3. Masukkan tepung sagu secara bertahap kedalam adonan mentega, aduk rata. Tambahkan santan, aduk lagi hingga rata.
  4. Masukkan adonan kedalam plastik  segitiga, pasang spuit bintang, semprotkan kedalam loyang kue kering yg sudah dioles mentega.
  5. Oven selama kurang lebih 40menit.

sagu

Roti Pisang Keju

roti2

Lagi punya stok pisang raja, akhirnya pengen nyoba bikin roti dengan metode water roux. Resepnya ngintip dari blognya mba hesty. Thanks ya mba blognya inspiratif sekali…:).

Percobaan perdana neh ceritanya, blom pernah bikin roti sebelumnya. Ngliat rotinya mba hesty yang cantik-cantik jadi kepengin, menggoda iman….qeqeqeqeq. Akhirnya dengan segala tekad (halah), jadi juga bikin roti dengan metode water roux. Katanya metode ini lebih lembut dibandingkan dengan metode biasanya, jadi kepengen nyobain bookk.

Untuk yang mau resepnya silakan ada dibawah:

Roti Pisang Coklat Keju

source: http://hesti-myworkofart.blogspot.com

Water Roux :

100 gr tepung terigu protein tinggi
500 ml air

Cara Membuat :
Dalam panci, campur air dan terigu. Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api kecil sampai kental. Jangan sampai mendidih. Sisihkan, tutup dengan plastik wrap. Biarkan dingin.

Bahan Roti :

240 gr water roux starter
220 ml air/susu cair (aku pake susu UHT, lebih baik dituang sedikit-sedikit)
120 gr gula
10 gr garam

500 gr tepung terigu protein tinggi
200 gr tepung terigu protein sedang
15 gr susu bubuk
11 gr ragi instan

60 gr minyak/butter (aku pake margarin)

Cara Membuat:
Campur semua bahan kering kecuali butter dan garam.
Masukkan campuran water roux dan susu cair. Uleni hingga kalis.
Masukkan butter dan garam, uleni hingga kalis elastis.
Tutup dengan plastik wrap, fermentasikan sekitar 45 menit.
Bagi adonan dan Bentuk sesuai selera.

Setelah dibentuk, beri isian sesuai selera. Kemaren isianya cuman pake pisang raja yang di tumis margarin, dikasih coklat dan keju aja. Lain kali mau nyoba resep yang lainya.

Setelah dibentuk, lakukan proses profing yang kedua kalinya kira-kira sekitar 45 menit (tergantung cuaca ya, ini kemaren juga pake kira-kira).

roti1

Untuk bentuknya silakan klik disini.

atau klik disini kalo mau bentuk kepang

Kemaren bentuknya minimalis banget deh, berhubung pisangnya habis maka nyoba dibentuk roti sobek, yang bulet-bulet gampang bikinya sambil merem…;p.

Sebenarnya maksud hati mau dibentuk kayak bulan sabit atau melingkar yang keliatan isianya apa daya tangan ini terlalu kaku  untuk bertarung dengan terigu yang super lembut*beeuuhhhh, tangan kuli kok disuruh bentuk2 roti, jadinya malah kacau balau…qeqeqeqeq*

Ukuran rotiku kemaren super jumbo, makan satu saja pasti kenyang, maklumlah porsi manol….hohohooh

Egg Tart (Pie Susu)

egg pie

Akhirnya kesampaian juga bikin pie susu, setelah ngeprint resep dari jaman bahula*sigh*. Resepnya nyontek plek punyanya bunda nadhifa, thanks ya mba udah sharing resepnya. Hasilnya enyaakkk, gak kalah sama oleh-oleh yang dari pulau dewata..:). Berhubung masih perdana kemaren eike cuman bikin setengah resep, hasilnya lumayan banyak kok.

Percobaan pertama ini ceritanya, bentuknya masih belom rapih tapi untuk pemula seperti diriku sudah girang bener bisa bikin pie susu*jingkrak2kegirangan*. Kemaren bikin pie susu ini sekalian untuk takjil buka puasa dimusola. Silakan saja bagi yang mau nyobain, berikut resepnya…:).

Egg Tart (Pie Susu)

by. Ricke Indriani

Bahan kulit/crust :
500 gr tepung terigu serbaguna
300 gr margarin (butter)
2 sdm gula halus (munjung)
3 kuning telur
Cara Membuat :
 – Campur semua bahan menjadi satu dengan memakai pisau pastry atau kalau tidak punya bisa diaduk memakai sendok kayu. Aduk adonan hingga berbulir-bulir dan tercampur rata.
– Padatkan dan bulatkan adonan hingga mudah dipulung.
– Cetak adonan dalam cetakan pie yang sudah dioles tipis minyak atau margarin. Lakukan hingga adonan habis. Sisihkan.
Bahan Filling :
300ml susu kental manis (kurang lebih 1kaleng)
400 ml air
8 kuning telur kocok lepas
30 gr tepung custard
1-2 sdt vanilla susu
Cara Membuat :
  • Campur susu kental manis dan air, aduk hingga rata.
  • Masukkan kuning telur, aduk rata.
  • Masukkan tepung custard dan vanilla, aduk rata dan saring.
  • Tuang filling ke dalam adonan pie yang sudah dicetak sampai penuh.
  • Pangang dengan suhu 160’C selama 45 menit hingga filling set dan kekuningan (aku kemaren sekitar 60 menit).
  • Angkat dan keluarkan dari oven. Diamkan sekitar 10 menit hingga hangat, baru keluarkan dari cetakan.
  • Dinginkan. Simpan di lemari es/kulkas agar lebih nikmat.

IMG_3485 copy

Tips dari bunda nadhifa:

  • Kulit pie/crust bisa dipanggang langsung bersama fillingnya, atau dipanggang dulu sendiri selama 10 menit untuk hasil kulit yang lebih kering. Kalau saya biasanya langsung dipanggang bersamaan. Anda juga bisa menggunakan resep kulit pie/crust favorit Anda yang sudah biasa Anda pakai.
  • Sebaiknya gunakan suhu rendah, agar kulit pie/crust bisa matang sempurna tetapi tidak membuat filling menjadi cepat menggembung dan pecah karena suhu yang terlalu tinggi.
  • Patokan lama memanggang terkadang berbeda-beda, sesuai oven masing-masing walau dengan settingan suhu yang sama. Jadi, sesuaikan saja ya 🙂
  • Jangan memanggang hingga filling menggembung tinggi bahkan pecah. Filling yang menggembung tinggi, jika dikeluarkan dari oven dan dingin akan menjadi terlalu cekung dan mengkerut/keriput. Dari rasa tidak ada masalah, hanya saja tampilannya jadi tidak mulus 🙂
  • Perhatikan jika filling terlihat sudah mulai naik mengembang, segera keluarkan dari oven. Atau jika dirasa kulit belum cukup kokoh, rendahkan lagi suhunya dan lanjutkan memanggang.
  • Jumlah kue yang dihasilkan tergantung ketebalan kulit pie dan ukuran cetakan. Jika adonan filling masih bersisa sedangkan adonan kulit sudah habis, silahkan membuat kembali tambahan adonan untuk kulit. Atau sebaliknya.

Black Bottom Banana Cake

bottom2

Bikin kue ini sebenarnya udah lama, mungkin sebulan yang lalu….jiaahhh, maklumlah empunya blog lagi dilanda virus malas tinkat tinggi*kipas2poni*. Sumbernya dari blognya mba hesty, trimakasih mba hesty.

Kalo menurut lidah eike rasanya kurang manis, apa memang rasanya begini ya*garuk2 kuping*. Lain kali mau bikin lagi aahh, dengan catatan gulanya ditambah biar maniss. Berhubung virus malas menghinggapi eike, jadi langsung saja ya berikut resepnya.

Black Bottom Banana Cake

Bahan :
60 g butter
50 g margarine
75 g gula pasir halus (kalo menurut lidah eike masih kurang manis, lain kali mau ditambahin lagi jadi 125)
1 butir telur
1 buah vanilli pod, keruk isinya  (kemaren pake vanila bubuk).
300 gr pisang raja yang masak sekali (dihaluskan dan campur 2 sdm air jeruk nipis)
180 g terigu protein sedang
1 sdt baking powder
1 sdt soda kue
½ sdt garam halus
25 g cokelat bubuk (dilarutkan dengan 3 sdm susu cair)
chocolate chips untuk taburanCara membuat :

  • Kocok mentega, margarine, isi vanilla dan gula sampai mengembang , masukkan telur, kocok lagi.
  • Masukkan pisang, aduk sampai rata , masukkan bahan tepung, aduk rata.
  • Bagi 2 adonan sama rata , yang satu ditambahkan larutan cokelat , tuang adonan cokelat ke dalam loyang 20x20x4cm (bisa memakai loyang yang lebih kecil apabila ingin mendapatkan hasil yang lebih tebal) , ratakan.
  • Tuang adonan putih di atasnya, ratakan lagi , taburi cokelat chips.
  • Panggang dengan panas oven 175 C selama sekitar 20-25 menit sampai lidi dimasukkan keluar dalam keadaan bersih.

bottom