Lodho Ayam dan Urap-urap

IMG_2923 copy

Lodho itu pasanganya nasi gurih sama urap-urap. Kalo ketiga menu ini udah didepan mata, mertua lewat dah gak keliatan *yaiyalah wong mertuanya ada di trenggalek, qeqeqeqe*.  Niatnya mau bikin nasi gurih apa daya waktu ambil beras, berasnya tinggal sajumput, akhirnya nasi gurihnya batal. Menunya ganti besok minggu, nasi gurih sama blendrang lodho…wkwkwkkww.

Resepnya banyak berseliweran, banyak versi yang berseliweran. Resep di bawah ini yang biasanya eike pake, monggo silakan dicoba…:)

Resep lodho ayam

by. Atik “Bunda Nikeisha”

Bahan:

1 ekor ayam kampung, dibuat ingkung dan dibakar. Kalo susah boleh di potong-potong dulu baru dibakar.
1 butir kelapa, kupas, parut, ambil 300 ml santan kental dan 600 ml santan encer (bisa ditambah kalo dirasa masih kurang empuk).

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1/2 sdm merica butiran
1/2 sdm ketumbar
2 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe
1 ruas jari kencur
3 buah cabai merah
15 buah cabai rawit (bisa ditambah jika suka pedas).
1 ruas jari lengkuas, geprak
2 batang serai, memarkan
3 lembar daun jeruk purut
2 lembar daun salam
garam & gula secukupnya
3 butir kemiri, sangrai terlebih dulu bersama ketumbar.

IMG_2966 copy

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus bersama dengan daun jeruk, daun salam, sereh & lengkuas hingga wangi.
2. Tambahkan, garam, gula & santan encer ke dalam tumisan. Didihkan.
3. Masukkan ayam bakar ke dalam wajan, aduk sebentar.
4. Teruskan memasak dengan api kecil sampai mendidih dan kuah agak berkurang.
5. Tambahkan santan kental. Aduk sesekali agar santan tidak pecah.
6. Angkat, sajikan dengan nasi gurih atau urap-urap.

Resep Urap-Urap

IMG_2927 copy

Lodho itu  pasangan yang serasi selain nasi gurih juga urap, kalo ketiga menu ini terhidang…rasanya sudah mantap surantap deh.. Tapi kalo gak ada nasi gurih, nasi biasa masih tetep oke kok…gak ada yang nglarang…:)
Cumaaaan, kalo lodho dijodohin sama nasi gurih dan urap-urap rasanya klop banget *kayak iklan aja*

Bahan :

Untuk urapnya sayuranya terserah selera, kebetulan kemaren adanya kacang panjang, sawi putih n wortel, sama sedikit daun kemangi.  Cuci dan potong-potong semua bahan, rebus atau kukus bersama bumbu urap.

Bumbu halus:
1 siung bawang putih
5 buah cabe rawit
sedikit kencur
1 lembar daun jeruk
gula dan garam
kalo mau warnanya cantik tambahkan cabe merah, buang isinya, kemaren gak pake soalnya gak ada.
Kelapa parut.

Cara Membuat:

Aduk semua bumbu halus dan kukus sampai matang, kemudian campur dengan sayuran rebus diatas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: