Gulai Pucuk Labu

labu copy

Ini masakan minggu kemaren. Lagi pengen nyoba masak daun pucuk labu. Resepnya hasil bisa disesuaikan dengan selera. Banyak resep berseliweran di google, tapi kemaren cuman pake feeling sajah…:). Berikut resepnya.

Gulai Pucuk Labu

by. Atik Bunda “Nikeisha”

Bahan:
2 ikat daun labu, siangi, pilih yang masih muda.

santan dan air secukupnya

Bumbu Halus:

5 buah cabe rawit
2 buah cabe merah, sebagian di iris serong.
2 siung bawang putih
4 siung bawang merah
2 butir kemiri dan 1/2 sdt ketumbar, disangrai.

1 cm kunyit

1 lembar daun salam dan jeruk

1 sereh dikeprek

sedikit minyak untuk menumis garam dan gula secukupnya

1 ruas lengkuas, keprek.

Cara Membuat:

  • Haluskan semua bumbu, tumis sampai wangi.
  • Masukkan sedikit air dan daun labu.
  • Tuangi santan.
  • Cicipi rasanya, angkat jika sudah matang.
  • Sajikan dengan nasi hangat.

Resep Pisang Ballen / Molen Pisang Keju

ballen1 copy

Ada yang menyebutnya pisang ballen, ada juga molen pisang. Resepnya ngintip punyanya mba hesty, makasih ya mba hesty… ijin share resepnya…. untuk pemula seperti diriku sudah girang banget bisa bikin pisang ballen yang nyam nyamm…

heeemmmm, rasanya enyaaakkk banget, sebandinglah sama pengorbananku lipat melipat dan giling menggiling adonan… berikut resepnya dari mba hesty. Kemaren lupa gak kasih keju parut…huhuhuhu…:(

Resep Pisang Ballen / Molen Pisang Keju

Bahan:

250 gr tepung terigu 
30 gr gula pasir
2 kuning telur
125 gr korsvet
1/2 sdt garam 

Filling :
Pisang Raja yang matang sekali, (kukus, potong-potong)
Keju potong-potong.
gula pasir (bisa diganti susu kental manis)
 kuning telor dan  madu untuk olesan

Cara Membuat :

  • Kulit pastry: Campur terigu, gula, garam aduk rata. Tambah kuning telur dan air sambil diuleni ringan asal rata. Tambah margarin/ butter. Aduk sampai rata, tidak perlu sampai elastis. Bulatkan, simpan di kulkas selama 150 menit.
  • Keluarkan dari kulkas, giling bentuk persegi panjang. isi dengan korsvet 2/3 nya. Tutup dibagian yang tidak terkena korsvet ke tengah. Lalu lipat lagi dan giling lagi. Lipat lagi seperti tadi. Lakukan hingga 4x. Simpan dikulkas lagi selam 15 menit. Kalau adonan terlalu lembek atau susah dikerjakan letakan terlebuh dahulu di dalam kulkas.
  • Giling tipis adonan. Potong kotak kotak. Taburi tengahnya dengan sedikit gula pasir atau susu kental manis. beri isi 2 potong pisang yang diselipkan keju ditengahnya. Beri lagi gula sedikit. lipat seperti amplop hingga tertutup rapat. oles kuning telur, tabur keju parut.
  • Tata diloyang brownis ukuran 10 x 30 yang dialas kertas roti tampa dioles margarin. Beri jarak sedikit untuk pastry mengembang. Panggang dengan suhu 180’C sampai kekuningan. Turunkan panas hingga 160’C panggang hingga warna coklat keemasan.
  • Angakat. Dinginkan. Siap disajikan.

Kukis Kacang

kuker2 copy

Akhirnya kesampaian juga bikin kue kering, pilih yang gampang untuk pemula seperti dirikuh. Pilihan jatuh pada kukis kacang punyanya mba nining, ijin share resepnya ya mba. Resep ini dari ibunya mba nining,  semoga ibunya selalu sehat dan panjang umur…aminn.

Kukis Kacang

by. Ibu Hj. Yanti Soeryono

Bahan:
500 gram kacang tanah yang masih berkulit ari, goreng *boleh disangrai atau dipanggang tapi hasil akhir kurang gurih*
500 gram minyak goreng
500 gram gula halus
1100 gram terigu sangrai, ayak
1 sdt garam halus
2 butir telor, kocok asal lepas
margarin secukupnya

kuning telor buat olesan
almond atau kacang mede cincang buat taburan ==> kemaren gak pake.

Directions:

  • Campur terigu, gula halus, dengan garam, aduk rata
  • Blender kacang tanah matang dengan minyak goreng sampai halus
  • Tuang kacang halus ke dalam adonan tepung, aduk rata
  • -Tuang kocokan telor, aduk rata
  • Tambahkan margarin, aduk sampai adonan bisa dibentuk (kurang lebih 200 gram) —> amat sangat tergantung pada kelembaban/kekeringan tepung
  • Giling adonan tipis, kurang lebih 5-7 mm, cetak sesuai selera
  • Pindahkan ke atas loyang yang dialasi baking sheet (atau dioles margarin)
  • Oles kuning telor, beri hiasan kacang sesuai selera
  • Panggang di oven yang telah dipanaskan 150 derajat C, selama kurang lebih 20 menit —> tergantung oven yaaaa…
  • Angkat, dinginkan, simpan dalam wadah kedap udara.

Rasanya enyakkk, khas kue tempo doloee….. nyetaknya masih belom rapih, perlu latihan banyak neh…:)

kuker1 copy

Lodho Ayam dan Urap-urap

IMG_2923 copy

Lodho itu pasanganya nasi gurih sama urap-urap. Kalo ketiga menu ini udah didepan mata, mertua lewat dah gak keliatan *yaiyalah wong mertuanya ada di trenggalek, qeqeqeqe*.  Niatnya mau bikin nasi gurih apa daya waktu ambil beras, berasnya tinggal sajumput, akhirnya nasi gurihnya batal. Menunya ganti besok minggu, nasi gurih sama blendrang lodho…wkwkwkkww.

Resepnya banyak berseliweran, banyak versi yang berseliweran. Resep di bawah ini yang biasanya eike pake, monggo silakan dicoba…:)

Resep lodho ayam

by. Atik “Bunda Nikeisha”

Bahan:

1 ekor ayam kampung, dibuat ingkung dan dibakar. Kalo susah boleh di potong-potong dulu baru dibakar.
1 butir kelapa, kupas, parut, ambil 300 ml santan kental dan 600 ml santan encer (bisa ditambah kalo dirasa masih kurang empuk).

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1/2 sdm merica butiran
1/2 sdm ketumbar
2 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe
1 ruas jari kencur
3 buah cabai merah
15 buah cabai rawit (bisa ditambah jika suka pedas).
1 ruas jari lengkuas, geprak
2 batang serai, memarkan
3 lembar daun jeruk purut
2 lembar daun salam
garam & gula secukupnya
3 butir kemiri, sangrai terlebih dulu bersama ketumbar.

IMG_2966 copy

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus bersama dengan daun jeruk, daun salam, sereh & lengkuas hingga wangi.
2. Tambahkan, garam, gula & santan encer ke dalam tumisan. Didihkan.
3. Masukkan ayam bakar ke dalam wajan, aduk sebentar.
4. Teruskan memasak dengan api kecil sampai mendidih dan kuah agak berkurang.
5. Tambahkan santan kental. Aduk sesekali agar santan tidak pecah.
6. Angkat, sajikan dengan nasi gurih atau urap-urap.

Resep Urap-Urap

IMG_2927 copy

Lodho itu  pasangan yang serasi selain nasi gurih juga urap, kalo ketiga menu ini terhidang…rasanya sudah mantap surantap deh.. Tapi kalo gak ada nasi gurih, nasi biasa masih tetep oke kok…gak ada yang nglarang…:)
Cumaaaan, kalo lodho dijodohin sama nasi gurih dan urap-urap rasanya klop banget *kayak iklan aja*

Bahan :

Untuk urapnya sayuranya terserah selera, kebetulan kemaren adanya kacang panjang, sawi putih n wortel, sama sedikit daun kemangi.  Cuci dan potong-potong semua bahan, rebus atau kukus bersama bumbu urap.

Bumbu halus:
1 siung bawang putih
5 buah cabe rawit
sedikit kencur
1 lembar daun jeruk
gula dan garam
kalo mau warnanya cantik tambahkan cabe merah, buang isinya, kemaren gak pake soalnya gak ada.
Kelapa parut.

Cara Membuat:

Aduk semua bumbu halus dan kukus sampai matang, kemudian campur dengan sayuran rebus diatas.

Tumis Pare dan Nasi Gurih

IMG_2962 copy

Setelah kemaren bikin urap buat pendamping lodho, akhirnya besoknya bikin tumis pare teri buat pendamping blendrang lodho. Hiahahaha, rasanya gak kalah enyakkkk….:). Kalo suami mah gak suka pare, katanya pahit. Jadi kemaren yang ngabisin cuman berdua sama embak.

Tumis Pare 

Bahan:

1 buah pare, iris tipis dan remas-remas dengan garam untuk mengurangi pahit.

Teri secukupnya, seduh dengan air hangat (bisa diganti udang).

Bumbu Rajang halus:

5 buah cabe rawit.

2 buah cabe merah

1 buah tomat

5 butir bawang merah

2 siung bawang putih

1 ruas lengkuas, geprek.

1 lembar daun salam

gula dan garam secukupnya

minyak untuk menumis

Cara Membuatnya:

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu rajang sampai harum, masukkan daun salam dan lengkuas.
  2. Masukkan teri yang sudah di cuci sampai setengah matang, kemudian masukkan pare.
  3. Masukkan gula dan garam, cicipi.
  4. Angkat jika sudah matang.
  5. Sajikan dengan nasi hangat

Nasi GUrih

Jadi juga bikin nasi gurih, setelah kemaren sempet tertunda. Resepnya nyomot di lupa…hihihiih

kemaren cuman pake feeling ajah. Cuman ditambahin daun salam, daun salam, sereh dan garam. Beginilah hasilnya.

IMG_2965 copy

 

Setelah di eksekusi (jiaahhh, bahasanya), buat sarapan perut yang sudah keroncongan, diberi tumisan pare ditambah kucuran kuah blendrang lodho…..hemmmmm, itsss nyam nyammm….. Monggo sarapan rumiyin dulurrr….:)

IMG_2985 copy