Macaroni Schotel

makaron1

Minggu kemaren bikin juga macaroni schotel, dan karna jadinya banyak seharian kemaren sengaja gak masak nasi. Tapi ternyata diriku tidak bisa jauh-jauh dari nasiii… gak sanggup eike seharian makan makanan bule kayak gini*maklumlah, lidah ndeso, sukanya masih yang lokal-lokal aja deh*.

Sebenarnya niat bikin makaroni ini udah lama, tapi ketunda terus gara-gara ada aja bahan yang kurang. Kapan hari udah beli sosis, kurang kornetnya, eee udah beli kornet gantian sosisnya yang habis, …qiqiqiqiq. Resepnya pake Mba Ricke ” Bunda Nadhifa”. Kemaren bikin macaroni schotel ini di double pan, yang mau resepnya silakan dibawah ini.

Macaroni Schotel

by. Ricke “Bunda Nadhifa” Indriani

Bahan:
– 250 gram macaroni elbow
– 500 ml susu cair
– 100 gram tepung terigu
– 6 butir telur, kocok lepas, kemaren eikeh cuman 2 biji, telornya habis buat bikin kue…;p
– 100 gram keju cheddar parut
– 200 gram kornet sapi
– 4 buah sosis sapi, potong kecil-kecil (pakai smoked beef juga oke)
– 2 siung bawang putih, haluskan
– 1 buah bawang bombay, cincang kasar
– 1 sdt garam
– 1 sdt merica bubuk
– 1 sdt kaldu bubuk
– ½ sdt pala bubuk (optional kalo ada)
– 2 sdm margarin untuk menumis.
– 100 gram keju cheddar parut untuk taburan

makaron2

Cara membuat:

  • Rebus macaroni hingga matang dan empuk. Beri 1 sdm minyak goreng pada air rebusan agar tidak lengket. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.
  • Panaskan margarin, tumis bawang putih hingga harum, masukkan bawang bombay cincang. Tumis hingga layu. Masukkan tepung terigu, aduk sampai berbutir dan tercampur rata. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar tidak bergerindil. Masak sampai kental.
  • Masukkan keju cheddar parut, garam, merica bubuk, kaldu bubuk dan pala bubuk. Aduk sampai keju larut. Masukkan kornet sapi, aduk rata. Masukkan macaroni rebus, aduk rata. Angkat dari api.
  • Masukkan kocokan telur, aduk hingga telur merata.
  • Tuang dalam pinggan tahan panas yg telah diolesi margarin. Aku pakai loyang persegi ukuran 26x26x4 cm yg diolesi margarin, dialasi kertas roti dan diolesi lagi dg margarin.
  • Taburi atasnya dengan potongan sosis/smoked beef dan keju cheddar parut. Panggang hingga matang dan permukaannya kecoklatan. Sekitar 45 menit dg api sedang (sekitar 180 deg Celcius), tergantung oven masing-masing juga yaa…
  • Setelah matang, keluarkan dari oven dan potong-potong. Sajikan dg saus sambal atau saus tomat botolan. Lebih enak dinikmati selagi hangat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: