Muffin Tape Keju

IMG_2891 copy

Sabtu kemaren akhirnya jadi juga bikin muffin tape keju, resepnya dari ncc bu fatmah bahalwan. padahal beli tapenya udah jaman baheula (lebayyy…. akhirnya ngendon dikulkas). Kemaren cuman bikin setengah resep aja, karna dirumah cuman bertiga, misua lagi pulang kampung… bikin setengah resep aja jadinya lumayan banyak. Karna eikeh cuman punya cetakan muffin 6 biji (dulu belinya parohan ma neng krisna, secara kita tuh kalo ke tbk bawaanya mupeng, segala cetakan pengen dibeli, urusan dipake kapan gak penting yang penting punya dulu….wkwkwkwkw).

Akhirnya cetakan bolu kukuspun turun gunung 3bersaudara, sisanya pake cup muffin. jadi jangan heran kalo sekali manggang hasilnya beda-beda, meskipun begitu kita tetap satu nama satu bahasa muffin tape keju…qeqeqeq.

Muffin ini teksturnya lebih lembut dari yang kemaren eikeh bikin, favorit deh pokoknya. Bagi yang mau nyoba silakan, berikut resepnya.

IMG_2886 copy

Muffin Tape Keju

by. Fatmah Bahalwan – NCC
Bahan:
8 btr kuning telur
6 btr putih telur
250 gr gula pasir
250 gr tepung terigu
200 gr mentega/margarine
400 gr tape singkong
2 sdm susu kental manis
25 gr keju cheddar, parut.
IMG_2881 copy
Cara membuat:
  • Haluskan tape, buang seratnya, beri susu kental manis, aduk rata, sisihkan.
  • Kocok gula pasir dan mentega hingga pucat, masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok hingga rata. Masukkan tape halus, aduk rata, masukkan tepung terigu, aduk rata, sisihkan.
  • Kocok putih telur hingga kaku, tuang kedalam adonan mentega secara bertahap sambil diaduk hingga rata.
  • Siapkan loyang muffin, beri kertas mangkuk, tuangi adonan hingga ¾ penuh, taburi keju parut.
  • Panggang dalam oven hingga matang. Suhu 180’C selama lk. 30 menit.

IMG_2895 copy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: