Resep Ayam Betutu

betutu1 copy

Minggu kemaren nyoba bikin ayam betutu, kangen sama masakan khas bali ini. Dulu pernah dibawain oleh-oleh dari temen kantor, dimakan rame-rame pake nasi angett….hemmm, nyammiii….*ngencess*. Dalam rangka memberdayakan kelapa yang dibeli kemaren, akhirnya dibuatlah puding gula merah dan nasi gurih. Sebenarnya nasi gurih ini cocoknya sama lodho ayam, salah satu makanan khas Tulungagung. Tapi berhubung kelapanya cuman cukup buat nasi gurih n puding gula merah, akhirnya lodho ayamnya diganti sama ayam betutu.

Resep ayam betutu digoogle banyak banget, jadi eike pake resep ayam betutu yang gak pake santan. Soalnya santanya udah habis..:(. Kalo dilihat sekilas bumbu ayam betutu hampir mirip sama lodho ayam, cuman kalo ayam betutu memakai terasi dan serainya ikut dihaluskan bersama bumbunya. Kalo lodho gak pake terasi dan serainya cukup di geprek aja. Trus kalo lodho ayam itu ayamnya di panggang dulu baru bumbunya di gongso (deeuuh boso planetnya keluar), ditumis dulu baru ayam utuhnya dimasukan sekalian santan encer, rebus sampai empuk, menjelang terakhir baru santan kental dimasukkan. Kapan-kapan nanti mau nyoba yang lodho ayam, sebagai pengobat kangen kampung halaman…:).

Jadi minggu kemaren eikeh tuh bener-bener produktif book, makan bolak balik, jadinya ukurang pinggang jadi melaarr..ampun dijeee…..;(. Sayangnya ayam betutu kemaren itu gak pake daun singkong, gak punya soalnya, trus waktu di kukusnya juga gak dibungkus daun pisang, cuman ditaruh di atas piring, kemudian dikukus… minimalis bangetlah, soalnya gak kepikiran buat ayam betutu sebelumnya. Trus waktu manggangnya cuman dipanggang di doble pan ajah, dengan api kecil, paling 30 menitan udah cukup, cuman buat membuat ayamnya lebih keset. Tapi soal rasa, jangan ditanya….hohohoho, rasanya cetar membahana kalo katanya mba sahrini mah….:). Berikut resepnya, bisa disesuaikan dengan selera, gak harus berpatokan kayak bikin kue…

betutu2 copy

Resep Ayam Betutu

Bahan:

1 ekor ayam negeri, lumuri dengan jeruk nipis, tusuk2 dengan garpu.
daun pisang untuk membungkus ==> kemaren gak pake

Bumbu Halus :
3 buah cabai merah
9 cabai rawit
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 sdt merica butiran
2 sdt ketumbar, 5 buah kemiri sangrai bersama ketumbar.
1/4 butir biji pala
2 batang serai, ambil bagian yang putih, iris halus
2 cm lengkuas
2 cm jahe
3 cm kencur
3 cm kunyit,
3 lembar daun jeruk purut, buang tengahnya.
garam dan gula.

1 bungkus terasi abc.

Kemaren eikeh tambahi 3 lembar daun salam, kasian daun salamnya nganggur didepan mata…qeqeqeqe *prinsip ekonomi booo*

Cara Membuat :

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan ayam sebentar. Angkat.
  2. Lumurkan bumbu ke badan ayam, bawah kulit dan rongga perutnya hingga rata.
  3. Bungkus ayam dengan daun pisang. Taruh dalam pinggan tahan panas.
  4. Kukus selama 30 menit. Angkat.
  5. Panggang ayam dalam double pan, dengan api kecil, kurleb 30menit.
  6.  Angkat, sajikan hangat. Disandingkan dengan nasi gurih tambah nyummmiii….:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: