Puding Santan Gula Merah

puding santan2 copy

Selain digunakan untuk membuat nasi gurih, santan kemaren juga dipake untuk puding gula merah resepnya mba Ricke ” bunda Nadhifa”. Tapi kenapa pudingku kemaren jadinya dua layer….salahku dimana, salahku dimana*nangis meratapi nasib didepan kompor*. Mungkkkiiinnnnnn salah dipengadukan, kurang konstan. Okelah kalo begitu, lain kali kalo bikin lagi gak akan ditinggal-tinggal lagi deh. Kalo soal rasa mah, tetep endang bambang gulindang kalo katanya pak bondan..:).

Bagi yang berminat silakan di intip resepnya…:)

puding santan1 copy

Puding Santan Gula Merah

by Ricke “Bunda Nadhifa” Indriani

Bahan:
1 bungkus agar-agar putih
300 gr gula merah, disisir halus, kemaren cuman pake 250 gula merah ditambah 3 sendok gula pasir.
800 ml santan kental
200 ml air, aslinya 100ml.
2 butir telur ayam, pilih yang segar, kocok lepas.
1/4 sdt vanili
5 daun pandan, sobek-sobek

Pelengkap:

200 gr daging kelapa muda, keruk, pilih yang masih muda ==> kemaren gak  pake.

Cara Membuat:
Masak gula merah dan air hingga gula larut. Angkat dan saring.
Masukkan santan ke dalam panci, tambahkan air gula merah dan garam, aduk hingga rata.
Masukkan telur, agar-agar dan vanilli bubuk, aduk rata. Masukkan pula daun pandan.
Nyalakan api, masak dengan api kecil sambil diaduk searah, perlahan dan konstan.
Ketika mendidih pertama kali, langsung matikan api.

Tuang ke dalam cetakan atau cup yang sudah disiapkan.

Katanya mba Ricke, kuncinya kalo bikin puding selalu gunakan api kecil dan juga harus diaduk secara konstan dan searah. Dalam pembuatan puding santan gula merah ini, ketika mendidih pertama harus segera dimatikan apinya. Adonan puding yang lama di didihkan akan membuat puding menjadi pecah. Ini juga berlaku untuk puding yang menggunakan susu ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: