Bolu Gulung Ekonomis

bolgulek1 copy

Sabtu kemaren akhirnya diriku memberanikan diri nyoba resep bolu gulung ekonomis punyanya bunda nadhifa, untuk emak-emak pemula seperti eikeh, yang belom pernah nyoba bolu gulung rasanya seperti melayang di udara… qeqeeqeq, karna bisa menggulung cake yang sedemikian tebel menurut hemat eikeh….*kipas-kipas dulu aahhh*.

Oiya ini kali pertamanya eikeh nyoba bikin kue dengan metode all in one. Duluuuu, yang namanya bikin bolu kalo mau mengembang itu telor, emulsifier n gula musti dikocok sampek berjejak baru dimasukin tepung. Pernah jaman dulu bikin bolu kukus kalo gak salah dengan metode all in one ngambek alias gak ngembang.

Yah walopun masih banyak yang musti diperbaiki, harusnya waktu buat motif batik kemaren pasta coklat dicampur sedikit adonan sekitar 1-2 sendok makan adonan, baru dibikin motif batik…. Kemaren berhubung eikeh terlalu nepsong, saking girannya karna adonannya mengembang baguss, dasar ndesooo….gak pernah bikin kue dengan metode all in one soalnyah…:p.

Resepnya dapet dari teh nina, ijin share resepnya ya teh… haturr nuhuun…:)

bolgulek2 copy

Bolu Gulung Ekonomis

by Ricke “Bunda Nadhifa” Indriani
 
Bahan :
6 butir telur utuh (gunakan telur yang masih fresh)
90 gr gula kastor (kemaren pake gula pasir.)
1 sdm emulsifier
70 gr tepung terigu protein sedang.
10 gr maizena
10 gr susu bubuk full cream
1 sdt vanilla essence (aku pakai vanilla susu L’Arome)
125 gr mentega, lelehkan dan dinginkan.
Cara Membuat :
  1. Siapkan loyang (30x30x4 cm atau 2 buah 22x22x4 cm). Olesi dasarnya dengan margarin, alasi kertas roti dan oles kembali dengan margarin. Sisihkan==> Kemaren gak punya loyang bolu gulung, adanya loyang yang pinggirnya agak tinggi gak tau ukuran berapa, jadinya bolgulku kemaren pinggirnya mleyot-mleyot…;(.
  2. Ayak tepung terigu, susu bubuk dan maizena.
  3. Campur semua bahan menjadi satu kecuali mentega cair dan kocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang, kental dan putih (all in one method)
  4. Masukkan mentega cair, aduk balik dengan menggunakan spatula hingga merata dan homogen. Pastikan tidak ada lagi endapan mentega cair yang tertinggal.
  5. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan api besar (190-200’C) selama kurang lebih 10-15 menit (tergantung masing-masing oven) sampai matang dan permukaannya berkulit kecoklatan serta cukup kering bila disentuh.
  6. Keluarkan dari loyang dan dinginkan.
  7. Beri filling sesuai selera dan gulung sambil dipadatkan.
bolgulek5 copy
Notes :
  • Bagian yang cukup ‘tricky’ dalam pembuatan bolu gulung adalah proses pengovenan dan saat menggulung.
  • Pastikan bolu gulung dioven dengan suhu tinggi. Kalau aku selalu meletakkan loyang di rak paling atas, tapi bisa juga loyang diletakkan di rak tengah kemudian dipindahkan ke rak paling atas agar permukaannya bisa berkulit kecoklatan. Pastikan jangan overbake karena bisa mengakibatkan bolu gulung terlalu kering sehingga susah untuk digulung.
  • Setelah diangkat dari loyang, balikkan di atas kertas roti atau serbet bersih yang ukurannya lebih besar dibandingkan loyang, kemudian balikkan lagi untuk didinginkan di atas cooling rack (permukaan kulit di atas).
  • Setelah dingin, balikkan lagi di atas kertas roti atau serbet bersih (permukaan kulit di bawah) dan siap diberi filling. Apabila fillingnya memakai selai, jangan terlalu tebal ya, nanti hasilnya kurang cantik seperti bolu gulungku ini.
  • Setelah dioles filling, tekuk sedikit ujung bolu gulung hingga benar-benar tertekuk kemudian gulung dengan cara menarik atau menjalankan kertas rotinya (posisi bolgul diam, yang jalan kertas rotinya). Gulung hingga tergulung habis dan kencangkan.
  • Untuk membantu memadatkan sejak tekukan pertama bisa memakai bantuan penggaris besi atau alat lain yang kokoh dan panjang.
  • Biarkan tergulung beberapa saat bersama kertas rotinya agar gulungan set.
  • Buka perlahan kertas rotinya, agar kulitnya tidak terkelupas.

Kalo dilihat sekilas bolu gulung perdana eikeh kemaren keliatanya baguss yakk??? mulai kumat narsisnya;p. Padahal sodara-sodaraku sebangsa dan setanah air, jikalau diperhatikan dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya* haddeehhhh mulai pidato gak jelas* bolu gulung eikeh kemaren masih banyak yang perlu diperbaiki. Ini yang musti diperhatikan, cekidot*bacasambilngaca*

  • waktu memangganya terlalu lama, jadinya kulitnya retak atasnya. lain kali don’t over bake, ok ok, i’ll remember…:)

bolgulek6 copy

  • waktu membuat motif batik, harusnya pasta coklat dicampur dengan sedikit adonan (1-2 sdm), baru kemudian dimasukkan ke plastik segitiga, gunting sedikit ujungnya, baru buat motif sesuai selera. Makanya kemaren waktu pasta coklat dibuat motif langsung tembus kebawah, seperti beginilah penampakanya.

bolgulek3 copy

  • waktu dibalik ke kertas roti kulit atasnya sedikit terkelupas

bolgulek4 copy

Untuk mengetahui step by step bolu gulung silakan meluncur ke sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: