Resep Mocca Ice Cream

es1 copy

Bikin es krim juga akhirnya, tapi sayang eikeh lagi flu….Jiaah, moment yang gak bagus bener.. Padahal kemaren pas bikin hari kamis masih sehat walafiat, eehh giliran eskrimnya udah jadi hidung mbeler gak karuan *sambil ngetik sambil ditemani tisu sekotak*.

Resepnya nyomot dari blognya maki, ijin share resepnya ya mba…. Aslinya dari Santap Magazine dimodif sama mba Riana, kalo kemaren eikeh cuman modif dikit…Jiaaaahhh, cuman nambahin garam sedikit dan pasta moka aja modif neng..neng…*ngikik yang bacanya pasti*.  Emang eskrim ada rasa gurihnya buk??? kok pake ditambahin garam segala??? sok kreatif bangeetttdddhhh dahhh??? ” kalo eike yang jawab, ada dong, masalah buat lhoo!! *kebanyakan nonton soimah*.

Kemaren pas penyajianya eikeh kasih kurma yang dicincang sama selai bluberi, rasanya asem-asem gimana gituh plus ada sensasi lengket-lengket karna kurma *halah bahasane*. Slurruuuppp, cocok dinikmatin panas-panas sembari obat flu…:), monggo yang minat resepnya ada dibawah.

es2 copy

Eggless Mocca Ice Cream

(Source: Santap magazine, modified by Riana)

Bahan:
250 ml air
1 sdt agar-agar bubuk
150 g gula pasir (original recipe: 200 g)
500 ml susu cair
3 sdm cokelat bubuk, larutkan dalam 4 sdm air
2 sdt kopi bubuk instan, larutkan dalam 2 sdm air panas ==> kemaren pake kopi 3in1, dua bungkus.
250 ml krim kental (whipping cream)

Cara Membuat:

  1. Rebus air, agar-agar dan gula sampai mendidih dan larut. Masukkan susu, coklat bubuk dan kopi. Rebus sambil diaduk sampai mendidih. Dinginkan. ==> kemaren eikeh tambahin pasta moka dan garam sedikit *sok kreatip*
  2. Tuang adonan ke dalam kontainer plastik atau stainless steel. Bekukan dalam freezer sampai mengental (2 jam). Keluarkan, kocok dengan mikser atau blender sampai lembut. Bekukan lagi.
  3. Sementara itu, kocok krim kental sampai mengembang dan membentuk puncak tumpul. Simpan dalam lemari es sampai saat digunakan.
  4. Setelah adonan es krim membeku lagi, keluarkan dan kocok lagi sampai lembut. Campurkan krim kocok dalam 3 tahapan ke dalam es krim yang telah dilembutkan, aduk balik hingga rata. Bekukan untuk terakhir kalinya.
  5. Sebelum disajikan, keluarkan dulu dan simpan di dalam lemari es agar lembut dan mudah disekop.
Advertisements

Klepon Ubi

klepon copy

Sabtu ini akhirnya jadi juga bikin klepon ubi dalam rangka menyemarakkan event Dapur Masak. Ini pertamakalinya eike ikutan even masak memasak. Kali ini bahan dasar yang digunakan adalah ubi jalar. Kebetulan kapan hari yang lalu pernah ngincip klepon ubinya neng krisna enyaakk, maka dari itu diriku memutuskan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya*halah*, memilih klepon ubi madu. Seperti biasa waktu belanja kepasar, Alhamdulillah yah, sesuwatu banget eikeh nemuin ubi madu bookkk*sahrini mode on*.

Bentar====lagi keinget Uje (Ustad Jefri AlBuchori, ganti lagu dulu…jiaahh, sempet terkejut juga ketika ada kabar bahwa Jumat dini hari beliau meninggal dunia karna kecelakaan. Alfatihah untukmu stad, Semoga segala amal kebajikanmu
diterima disisi Alloh. Amiinnn Ya Robb * Arash n Helena minggir dulu ye, ganti lagunya Opick neh, sangat mendukung suasana berkabung. Hampir semua stasiun tv memberitakan berita Uje, Semoga kelurga yang ditinggalkan mendapatkan
kesabaran dan kelapangan. Secara eike juga ngefans sama ustad gaul yang inih.

Udah dulu ya, langsung menuju tekape. Resep klepon ini eikeh inti dari dapurnnya mba nina, thanks ya mba sekaligus ijin share resepnya…:). Kemaren cuman bikin setengah resep ajah, soalnya dirumah cuman berdua, siayah lagi lembur pulangnya malem banget… setengah resep aja udah lumayan banyak.*ngeles, aslinya mah males. dasar pemalas*

Resep Klepon Ubi

Berhubung kemaren bikinnya pake ubi madu yang warnanya orange ituh, jadi diresepnya gak pake pasta pandan. Cuman eikeh tambahin vanili sedikit biar wangi…:).

Bahan:
500 gr ubi jalar
110 gr tepung tapioka
125 gr gula merah, disisir halus
1/2 sdt garam dan sedikit vanili biar wangi…:)
1,5 sdt pasta pandan ==> gak pake, soalnya mau warnanya ubi madu yang asli.
2 lembar daun pandan
1/2 kelapa parut kasar
Air secukupnya untuk merebus
Cara Membuat:
  • Kupas ubi jalar, kukus hingga matang, panas-panas haluskan hingga lembut, dinginkan.

kle1

  • Campurkan ubi dengan tepung tapioka, vanili dan garam, campur hingga rata.

kle2

  • Uleni hingga dapat dibentuk. Ambil sejumput adonan, pipihkan, beri isian gula merah dan bentuk bulat. Lakukan sampai semua adonan habis.

kle4

kle5

  • Didihkan air, tambahkan daun pandan.

kle3

  • Masukkan bulatan-bulatan klepon sedikit demi sedikit saja, angkat apabila sudah terlihat mengambang.

kle7

  • Gulingkan klepon di dalam kelapa parut hingga seluruh permukaannya tertutupi kelapa
  • Siap untuk disajikan
IMG_2959 copy
Tips dari mba Nina neh,  Ada berbagai macam jenis ubi, ada yang mempunyai kadar air banyak ada pula yang mempunyai kadar air sedikit. Jadi sebenarnya penggunaan tepung tapioka tergantung pada jenis ubi yang kita pakai. Apabila setelah tercampur dengan tapioka, adonan dirasa masih mempur dan susah untuk dibentuk, bisa ditambahkan sedikit air dan kita bisa mencoba membentuknya kembali.

Lapis Surabaya Ekonomis

lapsur1

Lihatlah penampakan lapis surabayaku?

Kelihatanya indah, right?

but….lihatlah secara detail yang bagian coklatnya,

huhuhuuhu…..bantat book, begitu mengenaskan….:(, gara-gara kemaren menteganya udah agak membeku, kelamaan menunggu soalnya,

Ini pertama kalinya bikin lapis surabaya, sengaja pilih yang ekonomis, pake resepnya mba Tyas, biar kalo bantat gak nangis guling-guling, Kemaren bikin cuman setengah resep aja, jadi pake telor 6 biji. Resepnya nyomot di lynara cakes, aduh jauh banget hasilnya dengan punyanya lynara cakes, ijin share ya mba…

lapsur2

Lapis Surabaya Ekonomis 

by. Tyas

Bahan :
12  butir telor utuh
175 gr gula pasir (ganti jd 190 gr)
120 gr terigu
15 gr susu bubuk
15 gr maizena
250 gr margarin (dicairkan)
1 sdm pasta coklat
1 sdm emulsifier
Selai strawberry secukupnya (kemaren pake bluebery)
Butter cream mocca secukupnya

Cara Membuat :

  • Kocok telur dan emulsifier hingga tercampur rata saja terus masukkin gula pasir dan campuran terigu, susu bubuk, maizena yang sudah di ayak.
  • Kocok hingga mengental +/- 10-12 menit.
  • Masukkan margarin cair, kocok rata dgn speed 1 hingga rata.
  • Bagi 3 di loyang ukuran 22x22x4 (kurang lebih 1 loyang 400 gr adonan)
  • 1 bagian dicampur dgn pasta coklat.
  • Panggang di suhu 180 s/d 200 selama 20 menit dan 5 menit terakhir pakai api atas.

Cah Baby Kailan

cah1

Setelah sarapan dan makan siang pake macaroni schotel, akhirnya sorenya masak nasi juga…qeqeqeq. Ubek-ubek kulkas akhirnya ketemu baby kai, yang udah mulai sedikit menguning. Akhirnya bikinlah tumisan ini dalam rangka menghabiskan sayuran di kulkas. Ada yang berminat, berikut resepnya…:).

Cah Baby Kailan

by. Atik ” Bunda Nikeisha”

Bahan:

3-4 ikat baby kailan, cuci lalu potong-potong.
3 siung bawang putih, keprek, rajang halus.
5 buah cabe rawit (bisa ditambah kalo suka pedes), 
1 buah cabe merah, iris serong.
1 bungkus terasi abc
gula dan garam secukupnya
sedikit minyak untuk menumis,

 

Cara Membuat:

  1. Ulek kasar cabe rawit bersama terasi.
  2. Panaskan minyak, tumis bawang putih sampai harum, masukkan ulekan cabe rawit bersama terasi, dan cabe merah.
  3. Masukkan baby kailan, aduk rata.
  4. Tambahkan gula dan garam, cicipi.
  5. Angkat dan hidangkan hangat-hangat.
 

Macaroni Schotel

makaron1

Minggu kemaren bikin juga macaroni schotel, dan karna jadinya banyak seharian kemaren sengaja gak masak nasi. Tapi ternyata diriku tidak bisa jauh-jauh dari nasiii… gak sanggup eike seharian makan makanan bule kayak gini*maklumlah, lidah ndeso, sukanya masih yang lokal-lokal aja deh*.

Sebenarnya niat bikin makaroni ini udah lama, tapi ketunda terus gara-gara ada aja bahan yang kurang. Kapan hari udah beli sosis, kurang kornetnya, eee udah beli kornet gantian sosisnya yang habis, …qiqiqiqiq. Resepnya pake Mba Ricke ” Bunda Nadhifa”. Kemaren bikin macaroni schotel ini di double pan, yang mau resepnya silakan dibawah ini.

Macaroni Schotel

by. Ricke “Bunda Nadhifa” Indriani

Bahan:
– 250 gram macaroni elbow
– 500 ml susu cair
– 100 gram tepung terigu
– 6 butir telur, kocok lepas, kemaren eikeh cuman 2 biji, telornya habis buat bikin kue…;p
– 100 gram keju cheddar parut
– 200 gram kornet sapi
– 4 buah sosis sapi, potong kecil-kecil (pakai smoked beef juga oke)
– 2 siung bawang putih, haluskan
– 1 buah bawang bombay, cincang kasar
– 1 sdt garam
– 1 sdt merica bubuk
– 1 sdt kaldu bubuk
– ½ sdt pala bubuk (optional kalo ada)
– 2 sdm margarin untuk menumis.
– 100 gram keju cheddar parut untuk taburan

makaron2

Cara membuat:

  • Rebus macaroni hingga matang dan empuk. Beri 1 sdm minyak goreng pada air rebusan agar tidak lengket. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.
  • Panaskan margarin, tumis bawang putih hingga harum, masukkan bawang bombay cincang. Tumis hingga layu. Masukkan tepung terigu, aduk sampai berbutir dan tercampur rata. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar tidak bergerindil. Masak sampai kental.
  • Masukkan keju cheddar parut, garam, merica bubuk, kaldu bubuk dan pala bubuk. Aduk sampai keju larut. Masukkan kornet sapi, aduk rata. Masukkan macaroni rebus, aduk rata. Angkat dari api.
  • Masukkan kocokan telur, aduk hingga telur merata.
  • Tuang dalam pinggan tahan panas yg telah diolesi margarin. Aku pakai loyang persegi ukuran 26x26x4 cm yg diolesi margarin, dialasi kertas roti dan diolesi lagi dg margarin.
  • Taburi atasnya dengan potongan sosis/smoked beef dan keju cheddar parut. Panggang hingga matang dan permukaannya kecoklatan. Sekitar 45 menit dg api sedang (sekitar 180 deg Celcius), tergantung oven masing-masing juga yaa…
  • Setelah matang, keluarkan dari oven dan potong-potong. Sajikan dg saus sambal atau saus tomat botolan. Lebih enak dinikmati selagi hangat.

Tape Goreng a.k.a Rondo Royal

IMG_2880 copy

Berhubung kemaren bikin muffin tape keju cuman setengah resep, dan tapenya sisa lumayan banyak. Akhirnya dibikinlah tape goreng alias rondo royal, kenapa namanya rondo royal?? ane juga kagak tau gan…silakan cari sendiri di google….:).

Resepnya hasil cemplang cemplung, gak pake ukuran, tape yang sudah dihaluskan dicampur tepung beras. Kemaren sengaja pake tepung beras, biar ada sensasi kriuknya, karna tepung beras cenderung keras kalo digoreng. Dipadu padankan dengan tape yang lembut, dimakan anget-anget…. hemm, itss yuummmyyy….:).

Oiya jangan lupa kasih sedikit garam biar ada sensasi gurihnya, ingin wangi beri sedikit vanili….lalu goreng deh… Kalo mau bisa divariasi kasih keju dalamnya, atau coklat, terserah selera.

IMG_2878 copy

Muffin Tape Keju

IMG_2891 copy

Sabtu kemaren akhirnya jadi juga bikin muffin tape keju, resepnya dari ncc bu fatmah bahalwan. padahal beli tapenya udah jaman baheula (lebayyy…. akhirnya ngendon dikulkas). Kemaren cuman bikin setengah resep aja, karna dirumah cuman bertiga, misua lagi pulang kampung… bikin setengah resep aja jadinya lumayan banyak. Karna eikeh cuman punya cetakan muffin 6 biji (dulu belinya parohan ma neng krisna, secara kita tuh kalo ke tbk bawaanya mupeng, segala cetakan pengen dibeli, urusan dipake kapan gak penting yang penting punya dulu….wkwkwkwkw).

Akhirnya cetakan bolu kukuspun turun gunung 3bersaudara, sisanya pake cup muffin. jadi jangan heran kalo sekali manggang hasilnya beda-beda, meskipun begitu kita tetap satu nama satu bahasa muffin tape keju…qeqeqeq.

Muffin ini teksturnya lebih lembut dari yang kemaren eikeh bikin, favorit deh pokoknya. Bagi yang mau nyoba silakan, berikut resepnya.

IMG_2886 copy

Muffin Tape Keju

by. Fatmah Bahalwan – NCC
Bahan:
8 btr kuning telur
6 btr putih telur
250 gr gula pasir
250 gr tepung terigu
200 gr mentega/margarine
400 gr tape singkong
2 sdm susu kental manis
25 gr keju cheddar, parut.
IMG_2881 copy
Cara membuat:
  • Haluskan tape, buang seratnya, beri susu kental manis, aduk rata, sisihkan.
  • Kocok gula pasir dan mentega hingga pucat, masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok hingga rata. Masukkan tape halus, aduk rata, masukkan tepung terigu, aduk rata, sisihkan.
  • Kocok putih telur hingga kaku, tuang kedalam adonan mentega secara bertahap sambil diaduk hingga rata.
  • Siapkan loyang muffin, beri kertas mangkuk, tuangi adonan hingga ¾ penuh, taburi keju parut.
  • Panggang dalam oven hingga matang. Suhu 180’C selama lk. 30 menit.

IMG_2895 copy

Resep Ayam Betutu

betutu1 copy

Minggu kemaren nyoba bikin ayam betutu, kangen sama masakan khas bali ini. Dulu pernah dibawain oleh-oleh dari temen kantor, dimakan rame-rame pake nasi angett….hemmm, nyammiii….*ngencess*. Dalam rangka memberdayakan kelapa yang dibeli kemaren, akhirnya dibuatlah puding gula merah dan nasi gurih. Sebenarnya nasi gurih ini cocoknya sama lodho ayam, salah satu makanan khas Tulungagung. Tapi berhubung kelapanya cuman cukup buat nasi gurih n puding gula merah, akhirnya lodho ayamnya diganti sama ayam betutu.

Resep ayam betutu digoogle banyak banget, jadi eike pake resep ayam betutu yang gak pake santan. Soalnya santanya udah habis..:(. Kalo dilihat sekilas bumbu ayam betutu hampir mirip sama lodho ayam, cuman kalo ayam betutu memakai terasi dan serainya ikut dihaluskan bersama bumbunya. Kalo lodho gak pake terasi dan serainya cukup di geprek aja. Trus kalo lodho ayam itu ayamnya di panggang dulu baru bumbunya di gongso (deeuuh boso planetnya keluar), ditumis dulu baru ayam utuhnya dimasukan sekalian santan encer, rebus sampai empuk, menjelang terakhir baru santan kental dimasukkan. Kapan-kapan nanti mau nyoba yang lodho ayam, sebagai pengobat kangen kampung halaman…:).

Jadi minggu kemaren eikeh tuh bener-bener produktif book, makan bolak balik, jadinya ukurang pinggang jadi melaarr..ampun dijeee…..;(. Sayangnya ayam betutu kemaren itu gak pake daun singkong, gak punya soalnya, trus waktu di kukusnya juga gak dibungkus daun pisang, cuman ditaruh di atas piring, kemudian dikukus… minimalis bangetlah, soalnya gak kepikiran buat ayam betutu sebelumnya. Trus waktu manggangnya cuman dipanggang di doble pan ajah, dengan api kecil, paling 30 menitan udah cukup, cuman buat membuat ayamnya lebih keset. Tapi soal rasa, jangan ditanya….hohohoho, rasanya cetar membahana kalo katanya mba sahrini mah….:). Berikut resepnya, bisa disesuaikan dengan selera, gak harus berpatokan kayak bikin kue…

betutu2 copy

Resep Ayam Betutu

Bahan:

1 ekor ayam negeri, lumuri dengan jeruk nipis, tusuk2 dengan garpu.
daun pisang untuk membungkus ==> kemaren gak pake

Bumbu Halus :
3 buah cabai merah
9 cabai rawit
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 sdt merica butiran
2 sdt ketumbar, 5 buah kemiri sangrai bersama ketumbar.
1/4 butir biji pala
2 batang serai, ambil bagian yang putih, iris halus
2 cm lengkuas
2 cm jahe
3 cm kencur
3 cm kunyit,
3 lembar daun jeruk purut, buang tengahnya.
garam dan gula.

1 bungkus terasi abc.

Kemaren eikeh tambahi 3 lembar daun salam, kasian daun salamnya nganggur didepan mata…qeqeqeqe *prinsip ekonomi booo*

Cara Membuat :

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan ayam sebentar. Angkat.
  2. Lumurkan bumbu ke badan ayam, bawah kulit dan rongga perutnya hingga rata.
  3. Bungkus ayam dengan daun pisang. Taruh dalam pinggan tahan panas.
  4. Kukus selama 30 menit. Angkat.
  5. Panggang ayam dalam double pan, dengan api kecil, kurleb 30menit.
  6.  Angkat, sajikan hangat. Disandingkan dengan nasi gurih tambah nyummmiii….:)

Puding Santan Gula Merah

puding santan2 copy

Selain digunakan untuk membuat nasi gurih, santan kemaren juga dipake untuk puding gula merah resepnya mba Ricke ” bunda Nadhifa”. Tapi kenapa pudingku kemaren jadinya dua layer….salahku dimana, salahku dimana*nangis meratapi nasib didepan kompor*. Mungkkkiiinnnnnn salah dipengadukan, kurang konstan. Okelah kalo begitu, lain kali kalo bikin lagi gak akan ditinggal-tinggal lagi deh. Kalo soal rasa mah, tetep endang bambang gulindang kalo katanya pak bondan..:).

Bagi yang berminat silakan di intip resepnya…:)

puding santan1 copy

Puding Santan Gula Merah

by Ricke “Bunda Nadhifa” Indriani

Bahan:
1 bungkus agar-agar putih
300 gr gula merah, disisir halus, kemaren cuman pake 250 gula merah ditambah 3 sendok gula pasir.
800 ml santan kental
200 ml air, aslinya 100ml.
2 butir telur ayam, pilih yang segar, kocok lepas.
1/4 sdt vanili
5 daun pandan, sobek-sobek

Pelengkap:

200 gr daging kelapa muda, keruk, pilih yang masih muda ==> kemaren gak  pake.

Cara Membuat:
Masak gula merah dan air hingga gula larut. Angkat dan saring.
Masukkan santan ke dalam panci, tambahkan air gula merah dan garam, aduk hingga rata.
Masukkan telur, agar-agar dan vanilli bubuk, aduk rata. Masukkan pula daun pandan.
Nyalakan api, masak dengan api kecil sambil diaduk searah, perlahan dan konstan.
Ketika mendidih pertama kali, langsung matikan api.

Tuang ke dalam cetakan atau cup yang sudah disiapkan.

Katanya mba Ricke, kuncinya kalo bikin puding selalu gunakan api kecil dan juga harus diaduk secara konstan dan searah. Dalam pembuatan puding santan gula merah ini, ketika mendidih pertama harus segera dimatikan apinya. Adonan puding yang lama di didihkan akan membuat puding menjadi pecah. Ini juga berlaku untuk puding yang menggunakan susu ya.

Lapis Terigu

laptligu1 copy

Jajanan tradisional memang ngangeni ya, kalo memakanya serasa inget masa lalu*halahsokmellow*. Ini jenis lapis kedua yang pernah eikeh bikin, rasanya sama enaknya sama lapis kanji punyanya mba hesty. Kemaren eikeh ganti coklat bubuknya dengan pasta pandan, lagi pengen maem yang berbau ijo*awasyangberbajuijo, jangandeket2, dangerrr…*. Kalo lapis ini rasanya lebih lembut dari lapis kanji, kalo kanji kan ada kenyil-kenyilnya *apppa ya bahasanya*. Tapi soal rasa, semunya juwaraaaa…enyaaakkkk. Resepnya dapet dari mba Dida, ijin share resepnya ya mba….:)

Lapis Terigu

by. Mama Itara “Dida Rahmadidah”

Bahan :

250 Gr Terigu
100 gr / 1 bungkus tepung hunkue warna putih
250 gr gula pasir
500 CC santan kental
500 CC santan encer
Santannya dari satu butir kelapa, perasan pertama yg kental, perasan kedua encer..
1 Sdm coklat bubuk, larutkan dg sedikit air panas ==> kemaren eikeh ganti pasta pandan.
vanili secukupnya
garam secukupnya
4 lembar daun pandan

Cara Membuat :

  • Panaskan santan kental dengan 2 lembar daun pandan dan 1/4 sdt garam, dinginkan
  • Panaskan kukusan
  • Olesi loyang persegi ukuran 20cm, atau 18cm kl ingin lapis lebih tinggi, olesi dg minyak tipis2 saja, lapisi dg plastik tahan panas, sisihkan ==> kemaren eikeh pake loyang love, dandang eikeh super mini, kalo pake persegi gak muat.
  • Panaskan santan santan encer dengan 2 lembar daun pandan dan 1/4 sdt garam, sisihkan
  • Campur dalam wadah, terigu yang sudah di ayak dg tepung hunkue, gula pasir, vanili, aduk rata, lalu tuang santan kental yg sudah dingin, aduk rata sampai halus dan tidak menggerindil
  • Masukkan santan encer panas-panas sambil terus di aduk sampai rata
  • Bagi 2 adonan, sebagian biarkan putih, sebagian lagi beri pasta pandan.
  • Masukkan loyang kedalam kukusan yang sudah panas, tuang adonan putih 2 sendok sayur, lalu kukus selama 5 menit, tuang lagi lagi adonan ijo 2 sendok sayur, begitu seterusnya, bila sudah habis lanjutkan mengukus selama 30 menit.
  • Keluarkan dari dalam kukusan, biarkan sampai benar2 dingin, baru bisa dipotong.

laptligu2 copy

Catatan :

* Potong kue ketika lapis sudah betul2 dingin
* Agar potongan rapi, bungkus pisau tajam dengan plastik.

« Older entries