Chiffon Ketan Hitam

IMG_2781 copy

Minggu kemaren akhirnya jadi juga bikin chiffon ketan hitam punyanya mba Ruri. Dalam rangka memberdayakan sisa ketan hitam, setelah kemaren bikin bronketem. Hasilnya enak menurut lidah eike, secara lidah eike segala makanan apapun masuk….qqeeqeqe. Ijin share resepnya ya mba Ruri, semoga segala amal ibadahnya diterima disisiNya. Amiin.

Chiffon Ketan Item
Bahan 1 :
200 ml putih telur ~ sekitar 5 butir deh yaa
150 gr gula pasir ~ buat aku kemanisan, bisa kurangin ampe 100gr

1/2 sdt garam

Bahan 2 :
5 butir kuning telur
100 ml santan kental ~ aku pake kara…. hehehe.. pemalasssss
75 ml minyak sayur
150 gr tepung ketan item ~ diayak yaaaaa….. jangan ampe lupa !

Caranya :

  1. masukin tepung ketan item kedalam wadah, buat lubang ditengahnya
  2. tuang kuning telur, minyak sayur dan santan
  3. aduk searah pake whisk sampe jadi adonan yang kental, pastiin si tepungnya larut semua ya, jangan sampe ada yang mringkil mringkil
  4. campur putih telur, gula pasir dan garam
  5. kocok campuran putih telur dengan mixer kecepatan tinggi sampai kental
  6. campurin adonan putih telur ke dalam adonan tepung, aduk pake spatula sampe tercampur rata, jangan sampe masih ada adonan putih telur yang misah ya
  7. tuang ke loyang chiffon yang tidak dioles sama sekali, bagian dasarnya boleh dialasi kertas roti
  8. panggang dalam oven suhu 180° C selama ± 50 menit
  9. setelah matang, keluarkan dari oven, langsung tunggingin si loyang sampai dingin, baru keluarin chiffonnya

IMG_2784

 

psssttt……

  • yang triky di chiffon adalah manggangnya, cek dengan cara pegang permukaan cake, kalo permukaan cake masih berasa bunyi kreess…. kayak yang ada busanya tuh, nah itu belon cukup mateng, panggang lagi sampai kalo permukaannya diteken dia akan naek lagi
  • eh iya, waktu ngecek gini, cakenya jangan diangkat dari rak oven ya, jadi masih diatas raknya ajah
  • terus, begitu keluar dari oven, langsung ditunggingin ya, jangan ditunggu dulu, dijamin bakal mimpes dengan suksesnya
  • waktu ngeluarin cake, selipin pisau panjang yangtipis yang tajem di antara cake n loyang, jalanin muterin loyangnya, jangan naek turun ya, ntar pinggiran si chiffon jadi rompal rompal
  • kalo cakenya masih lengket ke dasarnya, pake cara yang sama

 

IMG_2787 copy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: