Brownies Panggang Irit Telur

broju

Sabtu kemaren akhirnya mencoba brownies lagih, dalam rangka menghabiskan stok coklat (gaya beneeeer, kayak punya coklat sekontainer ajah, padahal cuman dua bungkus, gara2 liat di spm diskonnya gede banget dari harga 17an jatuh jadi 7rbuan kan murah sekali, dasar emak-emak gak bisa liat barang diskonan…qeqeqeeq).

Kalo dulu awal-awal bikin brownies suka sama yang dikukus karna tekstur nya lembut, tapi sekarang eike lebih suka brownis yang dipanggang karna rasanya lebih gimana gituh. Biasanya kalo udah mateng nyomot yang brokus paling cuman dua potong udah eneg, tapi kalo yang di panggang bisa berpotong- potong…qeqeeqeeq.

Kemaren tuh sebenarnya mau nyoba sekalian bikin muffin, jadi dalam sekali ngoven tuh bisa jadi brownies n muffin (anakekonomi banget dah),tapi akhirnya urung karna ternyata yang muffin musti pake suhu 200c dulu
(gagaldehpakeprinsip ekonomi;p). Padahal sebenernya udah mo stop dulu yang berbau brownies, tapi apa daya stok resep brownies yang belom dicoba masih segambreng…jiaaah, lapsurrrr kapan dirimu kucoba…okeh2, tunggu tanggal mainya…staytune terus on belajarbaking.wordpress.com yeaaa….qiqiiqiq.

Okeh, kemaren tuh bikin brownies ini karna liat diblognya mba nina , ni resep dari pakar kuliner mas  Budi Sutomo ijin copy resepnya ya mas..:). Karna eike gak punya dcc adanya coklat rasa apel (collata warna ijo), ya digantilah dcc dengan gcc (green cooking chocolate…wkwkwkwkkw, maksa.com).

broju2

Resep Brownies Panggang Irit Telur

by. Budi Sutomo

Bahan:
120 g tepung terigu
200 g margarin
3 butir telur, kocok hingga mengembang
200 g dark cooking chocolate ==> kemaren kuganti dengan collata (warna ijo) rasa apel, potong-potong
150 g gula pasir halus/gula bubuk
60 g potongan kacang almond/kenari
¼ sdt garam halus

Cara Membuat:
1.
 Campur tepung terigu dengan gula halus, aduk rata. sisihkan.
2. Panaskan margarine hingga meleleh. Masukkan potongan cokelat, dan garam, aduk hingga cokelat meleleh. Angkat, dinginkan hingga hangat.
3. Di tempat terpisah, kocok telur menggunakan mixer hingga mengembang. Masukkan campuran tepung terigu dan gula halus ke dalam kocokan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula plastik hingga rata.
4. Tuang margarin, cokelat dan gula yang telah dilelehkan ke dalam adonan telur. aduk rata. Tambahkan potongan kacang almond/kenari. Aduk rata. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dialas dengan kertas roti dan diolesi margarin, ratakan. Taburi atasnya dengan irisan kacang almond.
5. Panggang di dalam oven bertemperatur 170 derajat celcius selama 45 menit atau hingga kue matang. Angkat. Potong-potong. atur di dalam piring saji, hidangkan.
Untuk 12 potong

Tips:
Warna kue brownies yang cokelat susah untuk mengetahui apakah kue sudah matang atau belum. Caranya dengan menusuk kue dengan lidi/kawat. Jika lidi diangkat sudah tidak ada adonan yang menempel/kering berarti kue sudah matang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s