Proll Tape Surabaya

Bikin proll tape ini sebenernya udah dari minggu kemaren, berhubung eikeh lagi kejar tayang sinetron emakemakgalau di chanel tv sebelah…qeqeqeq, jadi tertunda deh…:). Okeh, abaikan saja ocehan gak jelas inih…;p, lanjut ke leptop.

Tertarik dengan resep yang diposting di fbnya mba Rachmah karna di resepnya tanpa bahan kimia tambahan
akhirnya nyoba bikinlah itu resep ternyata bisa juga eikeh…hasilnya lembut dan enyaaakkk.
Berikut penampakanya, enjoy the pic…:)

proll tape copy

Proll Tape Surabaya
by Rachmah Setyawati.

Resep :
150-175 gr Tape, buang seratnya, haluskan
1 sachet susu kental manis (sekitar 45gr )

4 butir telur utuh
75gr Gula Pasir

75 gr Tepung Terigu
10 gr Tepung Maizena
15 gr Susu Bubuk

75 gr Butter – kemaren aku pakai margarin.
25 gr Minyak Zaitun (kalau tidak ada bisa diganti minyak sayur)

Keju Cheddar, parut
Kismis

Cara Membuat :
——————
1. Haluskan tape dengan menggunakan sendok, beri susu kental manis, campur merata, halus, teksturnya kental tapi tidak padat.
2. Kocok telur dan gula pasir hingga kental mengembang, berjejak. Setelah litu masukkan tape secara bertahap. Bagi menjadi 2 bagian, masukkan bagian pertama, aduk dgn mixer kecepatan rendah, pelan aduk merata, masukkan bagian kedua, mixer pelan merata (jangan terlalu lama mengaduknya, sebentar saja asal merata). Matikan mixer.
3. Masukkan bahan kering(tepung terigu, susubbk, maizena), secara bertahap juga, sambil diaduk merata (ingat jangan terlalu lama jg agar adonan tidak turun banyak).

4. Lelehkan butter dan minyak zaitun, tuang dlm adonan cake, aduk rata.
5. Beri toping kismis dan keju cheddar.
6. Tuang di loyang ukuran 18X18X6/7cm (seperti biasa, alasi dulu loyang dengan kertas roti , poles mentega tipis/memakai kertas anti lengket), panggang dgn suhu 165 derajat celicus selama kurang lebih 25 menit atau hingga matang.

Kemaren diriku manggangnya kelamaan jadi pinggiranya agak sedikit gosong, tapi soal rasa enak kok…:), motretnya pake kamera hp jadi agak gelap…:).

proll 3 copy

NOTE : seandainya ditempat tinggal tidak ada tape, tp penasaran ingin mencoba teknik pembuatannya, silahkan saja berimprovisasi mengganti bahan tape dengan bahan lainnya. Asalkan tidak merubah komposisi bahan lain dan cara pembuatannya ya.
Santai saja, yang penting, kita belajar membuat kue tanpa obat2an.

Makasih ya Mba Rachmah udah berbagi resepnya…:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: