Kue Kurma

Kemaren waktu bikin brokus coklat buat ultah sikecil sekalian nyempetin buat kue kering. Pernah nyobain hasil kreasinya buncis rasanya enak banget… kalo mampir ke kosan selalu comot beberapa biji sampe itu toples hampir kosong gara-gara eikeh…;p, makasih ya neng udah di ijinin ngabisin hasil karyanya…dasar tamu tak tahu diri…qeqeqeqeq.
Oiya sekalian ijin copy resepnya ya neng ncis, buat arsip…thankyou…:).

Resep aslinya dari blognya mba hesti, makasih ya mba udah sharing resepnya. Sebenarnya malu mau majang fotonya, lah bentuknya gak karu-karuan gituh… udah gitu kacangnya gosong pula, lengkap sudah penderitaanku…edisilebaycotkom..;d.
Tapi gapapalah namanya juga belajar ya, jadi mohon di maafkan kalo tampilanya berantakan. Lain kali mau nyoba lagi, sekalian belajar nambah kesabaran. Menurutku bikin kue kering itu musti sabar n telaten, untuk ukuran orang seperti eikeh yang gak sabaran n grusa grusu ini bisa di jadikan teraphy….qeqeqeqeq.


Kue Kurma

2012-12-25 23.38.23


Bahan :

250 gram mentega
300 gram tepung terigu protein rendah
2 sdm maizena
75 gram gula halus
1 butir telur

Bahan Karamel :
Gula pasir secukupnya
Air mendidih secukupnya
Kacang mede/kacang tanah ==> aku kmren pake kacang tanah disangrai atau oven, cincang kasar. Kemaren aku oven jadi gosong jadi kuenya tampilanya gelap…;d, lain kali mau nyoba di sangrai.

Cara membuat :
1. Kocok gula dan mentega sampai putih, masukkan telur ==> putihnya seberapa eike kemaren asal aja.
2. Masukkan tepung terigu dan maizena sedikit demi sedikit sambil diayak, aduk hingga rata pakai sendok kayu.
3. Cetak adonan sebesar ibu jari atau sesuai selera, kalo mo dibalut kacang semuanya buat kecil-kecil aja, soalnya kalo dibalut semua jadinya gede ==> kemaren kayaknya kegedean nyetaknya trus kuenya mleber kesamping…. jiaaahhhh, apa salah dan dosaku….:p
4. Panggang adonan hingga matang kurleb 30 menit.
Hasil jadi punyaku gede banget, belum kebalur karamel n kacang aja udah gede palagi kalo udah kebalur, its…soooo bigggg for a kind of kue kering….qeqeqeqe,iihh sok inggris, au ah elap…;p.

Berikut tampilan yang belom kebalur karamel n kacang tanah sangrai.

2012-12-24 16.16.00

Cara Membuat Karamel :
1. Sesuai petunjuk dari mbak hesti, pertama aku lelehkan 1/2 atau 125 gram gelas gula sampai meleleh dan kuning keemasan.
2. Kemudian masukkan air mendidih sekitar 3-4 sdm. Biarkan rata dan menjadi cairan gula yang kental.
3. Dalam kondisi panci di atas kompor dengan api kecil, masukkan 3-4 kue ke dalama larutan gula/karamel, baluri sampai tertutup karamel. Kalo aku kemaren semua aku balurin karamel, kalo g mau kelihatan gede ya balur samping sama atas aja, dasar kukis g perlu dibalurin.
4. Lalu angkat dan gulingkan dalam wadah berisi kacang cincang.
5. Tunggu hingga dingin, sajikan atau masukkan toples.

Kemaren ituh bikin kue keringnya pagi hari bareng brokus coklat balurinya malem harinya….ckckckc, bener-bener butuh kesabaran ekstra untuk pemula dan amatir seperti eikeh…:).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: