Brownies Kukus Coklat Keju Pak Sahak

brownies kukus coklat keju

brownies kukus coklat keju

Sebenarnya saya bukanlah penggemar keju, tapi kalo keju dipadu padankan dengan coklat rasanya heeemmmmm, its yummyy….:). Dan menurut saya pasangan yang tepat untuk keju ya coklat ituh…;d. Melanjutkan proyek minggu kemaren, menghabiskan stok bahan-bahan kue akhirnya pilihan saya jatuh pada brownies kukus coklat keju pak sahak.


Resep Brownies Kukus Keju Pak Sahak

Bahan A:
3 butir telur
100 gr gula pasir
1 sdm TBM (saya pake SP)

Bahan B:
60 gr tepung terigu
20 gr tepung maizena
1 sdt garam
40 gr susu bubuk

Bahan C:
250 gr cream cheese (saya pake cream cheese gadungan yg resepnya ada dibawah)
50-100 gr butter (kemaren pake 100gr mentega tawar, ngabisin stok)

Cara Membuat:
Kocok bahan A sampai mengembang
Masukan bahan B lalu aduk sampai rata.
Kocok bahan C sampai halus kemudian masukan keadonan lalu aduk sampai rata ==> disini terjadi misscomunication antara saya dan resep, mentega tawarnya kemaren saya cairkan. Maklumlah masih amatir neh bikin kue, amatir apa lola bu???;d, setelah menteganya separo meleleh baru sadar kayaknya gak ada perintah dilelehkan…duhh mak mak…;p.
Kemudian tuang separo adonan ke loyang lalu kukus kurang lebih 20 menit ==> nanti atasnya akan dikasih yang brownies coklat, resepnya dibawah.
Kemaren pake loyang bentuk love jadi dua loyang, takutnya kalo jadi satu gak muat.
Akhirnya adonannya lebih tebelan yang coklat, dan kejunya sedikit agak bantat mungkin karna terlalu banyak kesalahan yang saya lakukan diatas…qeqeqeqeq, tapi soal rasa….heeemmmm, enyyakkkk bookk…:)

Resep Cream cheese gadungan (lebih enak, lebih irit ongkos..hehehe):
by Vivi Liong

Bahan:
150 gr keju cheddar parut
100 ml susu cair (saya pake susu bubuk putih yang diseduh air hangat)

Cara Membuat:
Panaskan susu, masukkan keju, aduk rata sampe keju menyatu dengan susu.
Angkat. Siap digunakan.
Kemaren terjadi sedikit kesalahan, keju yang seharusnya di parut saya potong dadu karna kejunya udah terlalu keras untuk diparut…;d, mungkin karna kelamaan di lemari es dan tidak terbungkut aluminium foil.
Hasil jadinya nanti jadi keliatan potongan kejunya kotak-kotak, kirain kejunya akan meleleh ketika dicampur dengan susu yang dipanaskan…ternyata enggak…..beeuuhh, kesalahan lagi neh…ckckckck.

Resep Brownies Kukus Coklat Pak Sahak

photo

Bahan A:
150 gr dcc (dark cooking chocolate)
100 gr mentega (saya pake mentega tawar, ngabisin stok)

Bahan B:
5 butir telur
200 gr gula pasir
1 sdm TBM (saya pake SP)

Bahan C:
100 gr tepung terigu protein sedang
20 gr tepung maizena
40 gr susu bubuk
40 gr coklat bubuk (saya pake van houtten)
1 sdt garam
5 gr baking powder (saya 1 sdt)

Cara Membuatnya:
Cairkan bahan A, campur jadi satu.
Kocok bahan B sampai mengembang.
Masukkan bahan A ke dalam bahan B, aduk rata.
Masukkan bahan C keadonan sambil terus diaduk sampai rata.
Masukkan adonan ke dalam loyang yang berisi brownies keju, kukus 20 menit atau hingga matang (lakukan tes tusuk)

Hasilnya jadi 2 loyang bentuk love (hati), yang satu agak tebel yang satunya agak tipis. maklumlah kemaren bagi duanya pake ilmu kira-kira…;p. Dan perkiraan saya seringnya meleset jauh dari sasaran, jadinya ya loyang pertama agak tebel dan loyang kedua sedikit tipiss….qeeqqeqq.
Tapi soal rasa, kemaren dibawa kekantor alhamdulillah kata temen-temen sih….enaakk…..:).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: