Super Fudgy Brownies

Ceritanya sabtu kemaren pengen bikin brownies yang kayak punyanya mba ricke indriani, makasih ya mba resepnya….:). Kepincut sama tampilanya yang super yummy, yaitu super fudgy brownies kayaknya top markotop bin lazies….(pinjem taglinenya ye bang benu buloe …).

Alasan memilih resep ini karna gak usah pake mixer n tinggal aduk aja kayaknya gampang untuk seorang yang malas seperti sayah….:). Sekalian menghabiskan stok bahan-bahan yang ada. Beli keju dari jaman jebat juga belom diberdayakan, padahal dibela-belain beli 2pak… mumpung lagi promo, dasar emak-emak gak bisa liat barang diskonan…qeeqeqeq.

Langsung aja ya liat penampakanya….:)

2012-11-17 11.46.22

Super Fudgy Brownies

Bahan:
120 gram unsalted butter
130 gram terigu protein sedang/all purpose flour
30 gram coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
225 gram dark cooking chocolate, cincang ==> kemaren cuman pake 150 gr, lain kali mo nyoba sesuai resep pasti rasanya lebih maknyus.
250 gram gula pasir halus (gula kastor) ==> kemaren 125 gr.
3 butir telur ukuran besar

Taburan (optional):
Almond slice/kenari cincang/chocolate chips, dll ===> kacang tanah kupas disangrai trus di cincang.

Cara membuat:
1. Panaskan oven 180’C. Olesi loyang dengan mentega dan alasi dengan kertas roti. Oles kembali dengan mentega. Pada bagian sisi-sisi loyang lebihkan sedikit kertas rotinya sekitar 1 cm (fungsinya untuk mengangkat brownies keluar dari loyang). Sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam. Sisihkan.
3. Lelehkan butter. Masukkan dark cooking chocolate. Aduk-aduk hingga coklat meleleh dan tercampur rata dan licin. Angkat.
4. Masukkan gula pasir halus. Aduk rata dengan whisker hingga gula terlihat menyatu dengan coklat. Masukkan telur. Aduk rata kembali hingga rata dan lembut. Masukkan campuran terigu. Aduk rata hanya sampai tepung sudah merata dan tidak terlihat lagi. Jangan diaduk terlalu lama!
5. Tuang ke dalam loyang. Ratakan permukaannya. Beri taburan kacang-kacangan dan chocolate chips bila suka. Panggang dalam oven sampai matang sekitar 50 menit. Test sentuh permukaan bagian tengahnya sudah kokoh bila ditekan dan akan terbentuk lapisan ‘shiny crust’ khas brownies. Test tusuk bila perlu.
6. Keluarkan dari oven. Diamkan sekitar 30 menit dalam loyang. Keluarkan dengan cara mengangkat kelebihan kertas roti di sisi loyang. Dinginkan di rak kawat. Potong-potong sesuai selera.

Hasilnya memang tidak semengkilat (bahasa kerenya apa sih, oiya shiny kali yee…;d) punyanya mba ricke, mungkin karna dcc-nya aku kurangin yah, karna minggu depanya niatnya mau bikin brownies kukusnya pak sahak….dasar emak-emak pelit….qeqeqeqe. Lain kali mau nyoba sesuai resep ahhh….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: