Resep Soto Ayam

Pengen bikin soto ayam dengan kuah santan, kebetulan besok ada rombongan ibu mertua ke surabaya. Ceritanya ada acara nikahan sodara, jadi mampirlah kerumah anaknya tercinta… eh bukan rumah ding, kos-kosan maksudnyah. Ibu udah wanti-wanti gak usah repot-repot, soalnya eykeh kan lagi hamil boookk.

Tapi namanya anak menantunya lagi rajin yah, rasanya gimana gituh kalo gak dimasakin walopun cuman masakan kuah sederhana soto. Disini pake soto kuah santan, sembari mengobati kangen rumah. Kalo di surabaya rata-rata sotonya kuah bening. Lumayan banyak printilanya, bikin bumil kelabakan…:).

Resep Soto Ayam

Bahan:
1 kg ayam, rebus lalu goreng dengan dibumbui garam, ketumbar dan bawang putih, kemudian iris tipis-tipis ato disuwir-suwir. Jangan lupa sisihkan sisa rebusan ayam untuk kuah nanti.

Bumbu Halus:
10 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 ruas jari kunyit
1 ruas jahe
1 ruas kencur
3 butir kemiri
1/2 sdm ketumbar
1/2 sdm merica

3 lembar daun jeruk
1 batang sereh, keprek
1 ruas lengkuas keprek
1 gelas santan kental
Garam dan gula sesuai selera.

Pelengkap:
Kentang, iris tipis dan goreng kering.
Touge pendek
Bawang goreng, untuk taburan.
Irisan daun bawang dan seledri.
Kerupuk udang
Sambal Kecap

Cara Memasak:
Tumis bumbu halus masukkan sereh, lengkuas dan daun jeruk, tumis sampai wangi.
Kemudian masukkan ke dalam kaldu habis rebusan ayam tadi.
Masukkan santan, garam dan gula. Cicipi rasanya.
Masukkan sebagian daun bawang dan seledri supaya wangi, kalo sudah mendidih angkat.
Hidangkan dengan bahan pelengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: