Resep Lodeh Nangka

Masakan ini bisa bertahan untuk 2 hari ato bahkan lebih. Istilahnya kalo nginep lebih enak bumbunya, lebih meresap. Bisa di tambahkan kacang panjang, berhubung kemaren ga ada jadi cuman tewel / nangka muda aja. Maklumlah cuman keluarga kecil nanti kalo banyak-banyak takute gak habis-habis, sayure kelamaan nginep bisa gaswat kolesterol naek….:)

Bahan:

1/4 kg Tewel (nangka muda), bersihkan dan iris sesuai selera
Kacang panjang, buang ujungnya, cuci dan potong-potong.

Bumbu:
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 cabe rawit (boleh ditambah kalo suka pedes)
2 cabe merah besar
1/2 sdm ketumbar
2 lembar daun salam
1 batang sereh
1 iris lengkuas, geprek
1 iris kunyit (kira-kira 1 cm)
garam dan gula
sedikit minya untuk menumis
santan

Cara Memasak:
Didihkan air, masukan tewel dan rebus sampai empuk. Lima menit sebelum di angkat masukkan kacang panjang dan matikan api, tiriskan siram dengan air dingin.
Haluskan semua bumbu, kecuali daun salam, lengkuas dan sereh. Tumis semua bumbu hingga wangi, masukkan ke dalam rebusan tewel dan kacang panjang.
Masukkan santan dan masak sampai matang.
Bisa ditaburi bawang goreng kalo suka.

Rujak Buah

Biasanya kalo lagi hamil itu pengennya makan yang asem-asem. Kali ini bumil
lagi pengen rujak buah, kebetulan ada mangga muda (pencit) sama apel ijo.
Dulu sewaktu kecil kalo rujakan bumbunya minimalis banget, cabe, garam sama
gula merah. Tapi senengnya bukan maen, palagi dimakan bareng-bareng.

Kali ini bumil mau nyoba bikin rujak buah pake bumbu kacang. Resepnya dari
temen kantor, mba endang… makasih ya mba endang…:)
Buat bumil-bumil yang lagi pengen rujak buah, boleh nyobain deh.

Resep Rujak Buah

Bahan :
Mangga muda (pencit)
Apel ijo
Mentimun
Semuanya dikupas, untuk buahnya terserah, sesuai selera.

Bumbu Rujak:
3 sdm kacang tanah goreng matang (boleh ditambah, sesuai selera)
3 buah cabe rawit
1/2 sdt trasi matang
1 siung bawang putih, iris tipis goreng kering.
1 sdm air asam jawa
gula merah dan garam secukupnya

Uleg semua bumbu, kalo saya suka kacangnya gak begitu halus. Jadi masih
kerasa kacangnya waktu dimakan..
Kebetulan kemaren punya krupuk dari singkong, jadi sekalian dimakan ma rujak
uah….makan rujak tanpa krupuk ibarat malam tanpa bintang, jadi gak ada kriuk-
kriuknya…. maksa banget pantunnya…:p.


Silakan mencobaa….:)

Jus sirsak (niatnya mo bikin es manado apa daya….:)

Niat hati mau bikin es manado, apa daya eikeh kagak tahu resepnya.
Yang ada di kepala cuman sirsak di jus trus ditambahin dengan nata de coco.
Kebetulan ada lengkeng juga, akirnya dimasukin juga sekalian.
Mumpung udara lagi hot-hotnya…

Fannnaass, rasanya masih jauh dari manado soalnya sayah di surabayah gituloh…:p
Jadinya lumayan buat pelepas dahaga.
yukk mareee….sluuurrppppp…:)

Resep Soto Ayam

Pengen bikin soto ayam dengan kuah santan, kebetulan besok ada rombongan ibu mertua ke surabaya. Ceritanya ada acara nikahan sodara, jadi mampirlah kerumah anaknya tercinta… eh bukan rumah ding, kos-kosan maksudnyah. Ibu udah wanti-wanti gak usah repot-repot, soalnya eykeh kan lagi hamil boookk.

Tapi namanya anak menantunya lagi rajin yah, rasanya gimana gituh kalo gak dimasakin walopun cuman masakan kuah sederhana soto. Disini pake soto kuah santan, sembari mengobati kangen rumah. Kalo di surabaya rata-rata sotonya kuah bening. Lumayan banyak printilanya, bikin bumil kelabakan…:).

Resep Soto Ayam

Bahan:
1 kg ayam, rebus lalu goreng dengan dibumbui garam, ketumbar dan bawang putih, kemudian iris tipis-tipis ato disuwir-suwir. Jangan lupa sisihkan sisa rebusan ayam untuk kuah nanti.

Bumbu Halus:
10 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 ruas jari kunyit
1 ruas jahe
1 ruas kencur
3 butir kemiri
1/2 sdm ketumbar
1/2 sdm merica

3 lembar daun jeruk
1 batang sereh, keprek
1 ruas lengkuas keprek
1 gelas santan kental
Garam dan gula sesuai selera.

Pelengkap:
Kentang, iris tipis dan goreng kering.
Touge pendek
Bawang goreng, untuk taburan.
Irisan daun bawang dan seledri.
Kerupuk udang
Sambal Kecap

Cara Memasak:
Tumis bumbu halus masukkan sereh, lengkuas dan daun jeruk, tumis sampai wangi.
Kemudian masukkan ke dalam kaldu habis rebusan ayam tadi.
Masukkan santan, garam dan gula. Cicipi rasanya.
Masukkan sebagian daun bawang dan seledri supaya wangi, kalo sudah mendidih angkat.
Hidangkan dengan bahan pelengkap.