Pecel Gurame

Jadi inget masa-masa jadi bumil dulu, pengen banget makan pecel gurame tapi pake bumbu yang minimalis ajah, pengen nostalgia masakan rumah…:).

Pecel Gurame

Gambar

Bahan:
1 ekor ikan gurame, kerat-kerat lumuri jeruk nipis n garam trus goreng.
Bumbu :
5 Cabe keriting (boleh ditambah kalo suka pedes)
1 ujung kelingking kencur
2 siung bawang putih
1 buah tomat
2 lembar daun jeruk
minyak untuk menggoreng
daun kemangi secukupnya
santan kental yang direbus ato di kukus.

Bikinnya cepet dan gampang, goreng sebentar cabe n bawang putih trus haluskan semua bumbu sama daun jeruk trus diguyur santan kental yang direbus. Sebelum diangkat tambahkan daun kemangi dan tomat hemmm, its yummyyy….makanya pake nasi anget…:)

Advertisements

Resep Pecel Instan…:)

Jiyaaahhh, kalo baca judulnya pasti mikir emang ada pecel instan. Seinstan-instanya pecel tapi masih aja banyak printilanya, soalnya musti ngrebus sayuran dulu, goreng tempe dulu. Kalo ngerebusnya sih cepet ya, cuman bersihkan sayuran dan temen-temenya yang agak makan waktu…:d.
Kalo mau lengkap ya kasih mentimun dan kemangi tambah sedeep pastinya. Ini resep instan versi bumil yah, yang instan ya bumbu pecel dan rempeyeknya…:)

Resep Pecel Instan

Bahan Sayuran:
1 ikat Bayam, petiki dan cuci bersih.
Touge secukupnya.
Rebus sayuran dan tambahkan garam sedikit waktu merebus, lalu tiriskan.

Seduh bumbu pecelnya, ini beli dipasar depan kos. Sekalian beli rempeyeknya juga kalo mau bikin rempeyek sendiri juga gpp.
Goreng tempe sampai matang.

Bisa ditambahkan mentimun yang rajang halus dan daun kemangi==> maaf kemaren eyke ga sempet…:)
Untuk lauknya bisa dengan telor ceplok ato terserah.
Untuk penyajianya tata sayuran, dan siram dengan bumbu pecel kasih rempeyek.
Taaddaaaa….. Pecelnya udah siap buu…mari sarapan dulu yuukk…:)

Resep Pakis Tumis Ebi

Huuuhh…
sebel deh, kenapa blogku yang di sini gak bisa di buka. Jadi begitu mau login langsung redirect ke blog yang inih…huhuhu. Gak tau kenapa, maklumlah tangan eike kapan hari begitu lincahnya mencet-mencet sampe kagak tau apa yang di pencet jadinya malah kacau dehh…:(.

Yaudah deh, lain kali mau di pencet-pencet lagi aja deh.Nah lhoo???, kali aja bisa berubah, gak tau berubah bener apa tambah error entar.
Ok, ladies udah cukup intermezonya, sekarang waktunya memasak… kita mulai masak yukk….*_^

Menu masak kita kali ini adalah Pakis tumis ebi, terinspirasi dari booklet majalah lezat.

Resep Pakis Tumis Ebi

Bahan :
3 ikat pakis, pilih yang muda dan potong-potong, cuci bersih.
3 sdm ebi, cuci dan sangrai.
2 cabe merah besar, iris serong.

Bumbu halus:
3 btr kemiri, sangrai.
5 buah bawang merah
3 siung bawang putih
1 ruas jari kunyit
5 buah cabe rawit (boleh ditambah kalo mau pedes ato dikurangi kalo gak suka pedes).
5 butir merica, ato merica bubuk terserah selera.
2 lembar daun jeruk
minyak untuk menumis.
air secukupnya.
garam dan gula pasir sesuai selera.

Cara Memasaknya:
– Haluskan bumbu halus kecuali daun jeruk, kemudian tumis dengan sedikit minyak dan masukkan daun jeruk dan potongan cabe merah. Tumis sampai matang.
– Masukkan daun pakis, beri air secukupnya biar tidak gosong, kemudiah tambahkan ebi yang telah di sangrai. Masak sampai matang.
Sajikan hangat-hangat dengan nasi putih…heemmm, yummyy…

Cara Membuat Susu Kedelai


Minggu kmren udah bahas manfaat susu kedelai ya, kayaknya kurang afdol kalo gak praktek bikin. Nah sekarang siapkan bahan-bahannya:
– 250gr kacang kedelai, cuci bersih.
– 1,5L air
– 150 gr gula pasir (atau sesuai selera)
– 3 lembar daun pandan, ikat simpul.
– garam secukupnya biar gurih.

Cara membuat :

1. Rendam kedelai dengan air hangat selama semalam. Setelah mekar, cuci bersih dan buang kulitnya.


2. Blender dengan 1,5 L air sampai benar2 halus. Saring.


3. Rebus dengan api sedang dicampur dengan gula, daun pandan dan garam. Aduk2 sampai mendidih, jangan sampai meluap.


Sajikan hangat atau dingin sesuai selera.

Sayur Bayam dan Dadar Jagung

Menu hari ini sangat sangat simple, gak pake acara peras memeras santan…:d. Cukup potong-potong bayam dan uleg jagung, kalo capek nguleg boleh di potong trus dicampur sekalian di sayur bayam…praktis kan beib…:)

Resep Sayur Bayam

Bahan:
1 ikat bayam
1 tongkol jagung muda potong 3 ato 4 (bisa pake jagung manis ato biasa, sesuai selera).
1 iris temu kunci geprek (bukan kunci pintu lho ya..)
2 siung bawah putih iris-iris
3 siung bawang merah iris-iris
garam dan air secukupnya

Cara Memasak:
Didihkan


Untuk lauknya kita bikin dadar jagung ala atik ya
Resep Dadar Jagung

Bahan:
Jagung manis atau biasa 3 biji
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 buah cabe merah +3 buah cabe rawit (sesuai selera).
daun bawang dan seledri iris kecil-kecil.
gula dan garam secukupnya
2 btr telor ayam
2 sdm terigu

Caranya gampang banget: Uleg semua bahan dan bumbu kecuaali daun bawang dan seledri. Campur dengan telor dan terigu terakir masukkan daun bawang dan seledri. Goreng hingga kekuningan dan matang.
Heemmmm, udah selesei..
tinggal bikin sambalnya ajah buat pelengkapnya…
Gampangkan, boleh dicoba…:)

Manfaat Susu Kedelai

Sebelum memulai praktikum membuat susu kedelai (hehehe, masih tetep obsesi seorang guru..:d), alangkah baiknya jika kita mengetahui manfaat dari susu kedelai tersebut. Ternyata manfaatnya susu kedelai lebih banyak dari susu sapi biasa.

Diantara manfaat dari susu kedelai adalah:
1. Menyehatkan fisik tubuh.

Dalam setiap 100gr susu kedelai mengandung 4,5 gr protein, 1,8 gr lemak, 1,5 gr karbohidrat, 4,5 gr fosfor, 2,5 gr zat besi, 2,5 gr kalsium, vitamin, dan ribovlavin. Kalsium berguna untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Riboflavin diperlukan untuk pembentukan sel darah merah, penghasilan antibodi, pernafasan sel.

2. Mencegah diabetes

Susu kedelai mengandung selulosa dalam jumlah besar sehingga dapat mencegah penyerapan gula secara berlebihan. Mengurangi kadar gula dapat mencegah diabetes. Susu kedelai merupakan asupan penting bagi penderita diabetes.

3. Mencegah tekanan darah tinggi

Susu kedelai mengandung steroid, potasium, magnesium yang merupakan zat ampuh untuk memerangi natrium, salah satu penyebab utama hipertensi.

4. Mencegah serangan jantung koroner

Steroid, kalium, magnesium dan kalsium dalam susu kedelai dapat memperkuat dan meningkatkan aliran darah, meningkatkan nutrisi ke otot jantung, menurunkan kolesterol serta meningkatkan aliran darah untuk mencegah kejang-kejang. Minum satu gelas susu kedelai setiap hari dapat menurunkan hingga 50 % kambuhnya kembali penyakit jantung.

5. Mencegah stroke

Magnesium dan kalsium dalam susu kedelai dapat mengurangi lipid dan memperbaiki aliran darah pada otak sehingga secara efektif mencegah terjadinya infarksi dan pendarahan otak. Lecitin dalam susu kedelai juga dapat mengurangi kematian sel otak serta memperbaiki fungsi otak.

6. Mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol.

Isoflavon yang terdapat dalam kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah kanker.
Protein, selenium dan molibdenum dalam susu kedelai bersifat menekan tumor ganas. Sangat efektif terutama terhadap kanker lambung, kanker usus dan kanker payudara. Menurut survei, kemungkinan berkembangnya kanker bagi orang yang tidak minum susu kedelai akan meningkat 50 % dibandingkan dengan mereka yang secara teratur mengkonsumsi susu kedelai.

7. Mencegah bronkhitis

Asam dalam susu kedelai dapat mencegah kejang otot, sehingga dapat mengurangi dan mencegah timbulnya bronkhitis.

8. Mencegah penuaan

Selenium, vitamin E dan vitamin C adalah antioksidan sempurna yang dapat meremajakan sel-sel kita, terutama sel otak.

9. Mencegah kepikunan, sembelit, dan obesitas atau kegemukan.
Lecithin yang terdapat pada susu kedelai membantu meningkatkan daya ingat dan mencegah terjadinya penyakit Alzheimer’ (lupa ingatan). Buat yang sering lupa ingatan atau mau diet sehat, bolehlah mengkonsumsi minuman susu kedelai setiap hari.

Untuk lebih jelasnya, Lihat Perbandingan antara susu sapi dan susu kedelai dibawah ini.
.
sumber gambar:info sehat melilea.