Ayam Sisit

Sebenarnya postingan ini telat pake bingit, kalo yang ini gak usah dibahas yaaa… justru kalo ada postingan yang gak telat laen kali akan saya tulis pake huruf gede-gede trus di bold. Jadi kapan itu tulisan gede2 itu akan muncul di sini??? Tunggulah… Tunggulah sampai tiba waktunya…hiahahaha…:p

Waktu mudik lebaran kemaren baliknya dibawain ayam kampung utuh yang udah dibakar (yang biasae buat ayam lodho) sama ibu mertua. Bumbu2ya dibawain dari rumah. Wess kloppp gak bondo blass…wkwkwkw. Jiyaaahhhh, jadi ketahuan gembolan dari kampung yang segambrengg….qiqiiqiq. Sudah kebayang dipikiran separo saya buat ayam lodho separonya lagi dibuat ayam sisit ini.

Akhirnya kesampaian juga bikin ayam sisit ini, waktu liat pertama diblognya Mba Luluk, langsung kebayang enak banget ini kayaknya….*ngileerrr*. Tampilannya sangat menggoda sekali…sluurrppppp.Dan benar sekali waktu mencoba enak bingits,  pokoknya enak dehh*saya suka saya suka*. Ijin share resepnya ya mbak….:)

ayam1 copy

Resep Ayam Sisit

Bahan – Bahan:
  • 500 gr dada ayam, suir
  • 1 jeruk nipis ambil airnya, atau pakai secukupnya
  • 4 sdm minyak
     Bumbu yang dihaluskan:
  • 8 – 10 bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 – 7 cabe merah
  • 10 cabe rawit merah
  • 2 sdt terasi or secukupnya
  • 1 batang sereh, ambil dalamnya
  • 5 daun jeruk purut
  • 3 cm kunyit
  • garam dan merica secukupnya
Cara membuat:
  • Bakar ayam sampai matang, dinginkan kemudian disuwir. Sisihkan. Kemaren waktu nyuir-nyuirnya kurang kecil, maklumlah lagi buru-buru *dasar alesan*.
  • Tuangkan minyak panas ke dalam bumbu yang dihaluskan, aduk rata
  • Campur ayam suwir dengan bumbu, tambahkan jeruk nipis aduk dengan tangan atau sendok kayu sampai bumbu tercampur rata dengan ayam.
  • Siap untuk disajikan. Nikmati dengan nasi hangat…hemmm  yammmiiii….;)
    ayam2 copy

Lodho Ayam dan Urap-urap

IMG_2923 copy

Lodho itu pasanganya nasi gurih sama urap-urap. Kalo ketiga menu ini udah didepan mata, mertua lewat dah gak keliatan *yaiyalah wong mertuanya ada di trenggalek, qeqeqeqe*.  Niatnya mau bikin nasi gurih apa daya waktu ambil beras, berasnya tinggal sajumput, akhirnya nasi gurihnya batal. Menunya ganti besok minggu, nasi gurih sama blendrang lodho…wkwkwkkww.

Resepnya banyak berseliweran, banyak versi yang berseliweran. Resep di bawah ini yang biasanya eike pake, monggo silakan dicoba…:)

Resep lodho ayam

by. Atik “Bunda Nikeisha”

Bahan:

1 ekor ayam kampung, dibuat ingkung dan dibakar. Kalo susah boleh di potong-potong dulu baru dibakar.
1 butir kelapa, kupas, parut, ambil 300 ml santan kental dan 600 ml santan encer (bisa ditambah kalo dirasa masih kurang empuk).

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1/2 sdm merica butiran
1/2 sdm ketumbar
2 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe
1 ruas jari kencur
3 buah cabai merah
15 buah cabai rawit (bisa ditambah jika suka pedas).
1 ruas jari lengkuas, geprak
2 batang serai, memarkan
3 lembar daun jeruk purut
2 lembar daun salam
garam & gula secukupnya
3 butir kemiri, sangrai terlebih dulu bersama ketumbar.

IMG_2966 copy

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus bersama dengan daun jeruk, daun salam, sereh & lengkuas hingga wangi.
2. Tambahkan, garam, gula & santan encer ke dalam tumisan. Didihkan.
3. Masukkan ayam bakar ke dalam wajan, aduk sebentar.
4. Teruskan memasak dengan api kecil sampai mendidih dan kuah agak berkurang.
5. Tambahkan santan kental. Aduk sesekali agar santan tidak pecah.
6. Angkat, sajikan dengan nasi gurih atau urap-urap.

Resep Urap-Urap

IMG_2927 copy

Lodho itu  pasangan yang serasi selain nasi gurih juga urap, kalo ketiga menu ini terhidang…rasanya sudah mantap surantap deh.. Tapi kalo gak ada nasi gurih, nasi biasa masih tetep oke kok…gak ada yang nglarang…:)
Cumaaaan, kalo lodho dijodohin sama nasi gurih dan urap-urap rasanya klop banget *kayak iklan aja*

Bahan :

Untuk urapnya sayuranya terserah selera, kebetulan kemaren adanya kacang panjang, sawi putih n wortel, sama sedikit daun kemangi.  Cuci dan potong-potong semua bahan, rebus atau kukus bersama bumbu urap.

Bumbu halus:
1 siung bawang putih
5 buah cabe rawit
sedikit kencur
1 lembar daun jeruk
gula dan garam
kalo mau warnanya cantik tambahkan cabe merah, buang isinya, kemaren gak pake soalnya gak ada.
Kelapa parut.

Cara Membuat:

Aduk semua bumbu halus dan kukus sampai matang, kemudian campur dengan sayuran rebus diatas.

Resep Ayam Betutu

betutu1 copy

Minggu kemaren nyoba bikin ayam betutu, kangen sama masakan khas bali ini. Dulu pernah dibawain oleh-oleh dari temen kantor, dimakan rame-rame pake nasi angett….hemmm, nyammiii….*ngencess*. Dalam rangka memberdayakan kelapa yang dibeli kemaren, akhirnya dibuatlah puding gula merah dan nasi gurih. Sebenarnya nasi gurih ini cocoknya sama lodho ayam, salah satu makanan khas Tulungagung. Tapi berhubung kelapanya cuman cukup buat nasi gurih n puding gula merah, akhirnya lodho ayamnya diganti sama ayam betutu.

Resep ayam betutu digoogle banyak banget, jadi eike pake resep ayam betutu yang gak pake santan. Soalnya santanya udah habis..:(. Kalo dilihat sekilas bumbu ayam betutu hampir mirip sama lodho ayam, cuman kalo ayam betutu memakai terasi dan serainya ikut dihaluskan bersama bumbunya. Kalo lodho gak pake terasi dan serainya cukup di geprek aja. Trus kalo lodho ayam itu ayamnya di panggang dulu baru bumbunya di gongso (deeuuh boso planetnya keluar), ditumis dulu baru ayam utuhnya dimasukan sekalian santan encer, rebus sampai empuk, menjelang terakhir baru santan kental dimasukkan. Kapan-kapan nanti mau nyoba yang lodho ayam, sebagai pengobat kangen kampung halaman…:).

Jadi minggu kemaren eikeh tuh bener-bener produktif book, makan bolak balik, jadinya ukurang pinggang jadi melaarr..ampun dijeee…..;(. Sayangnya ayam betutu kemaren itu gak pake daun singkong, gak punya soalnya, trus waktu di kukusnya juga gak dibungkus daun pisang, cuman ditaruh di atas piring, kemudian dikukus… minimalis bangetlah, soalnya gak kepikiran buat ayam betutu sebelumnya. Trus waktu manggangnya cuman dipanggang di doble pan ajah, dengan api kecil, paling 30 menitan udah cukup, cuman buat membuat ayamnya lebih keset. Tapi soal rasa, jangan ditanya….hohohoho, rasanya cetar membahana kalo katanya mba sahrini mah….:). Berikut resepnya, bisa disesuaikan dengan selera, gak harus berpatokan kayak bikin kue…

betutu2 copy

Resep Ayam Betutu

Bahan:

1 ekor ayam negeri, lumuri dengan jeruk nipis, tusuk2 dengan garpu.
daun pisang untuk membungkus ==> kemaren gak pake

Bumbu Halus :
3 buah cabai merah
9 cabai rawit
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 sdt merica butiran
2 sdt ketumbar, 5 buah kemiri sangrai bersama ketumbar.
1/4 butir biji pala
2 batang serai, ambil bagian yang putih, iris halus
2 cm lengkuas
2 cm jahe
3 cm kencur
3 cm kunyit,
3 lembar daun jeruk purut, buang tengahnya.
garam dan gula.

1 bungkus terasi abc.

Kemaren eikeh tambahi 3 lembar daun salam, kasian daun salamnya nganggur didepan mata…qeqeqeqe *prinsip ekonomi booo*

Cara Membuat :

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan ayam sebentar. Angkat.
  2. Lumurkan bumbu ke badan ayam, bawah kulit dan rongga perutnya hingga rata.
  3. Bungkus ayam dengan daun pisang. Taruh dalam pinggan tahan panas.
  4. Kukus selama 30 menit. Angkat.
  5. Panggang ayam dalam double pan, dengan api kecil, kurleb 30menit.
  6.  Angkat, sajikan hangat. Disandingkan dengan nasi gurih tambah nyummmiii….:)

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.